Tips Pintar Mengubah Suasana Dapur

Tips Pintar Mengubah Suasana Dapur

BIBLIOTIKA - Meski banyak orang yang suka berlama-lama di dapur, ada pula orang yang cepat bosan jika setiap hari beraktivitas di dapur. Khususnya lagi jika dapur yang digunakan terkesan pengap atau sumpek.

Jika Anda memang kesulitan untuk mengubah penataan dapur rumah, Anda bisa mengubah suasananya, sehingga Anda merasakan suasana yang berbeda. Berikut ini tip sederhana yang bisa Anda lakukan.

Mengubah warna cat dapur

Dengan mengubah warna cat di dapur, Anda akan mendapatkan suasana yang berbeda. Jika semula warna cat dapur Anda bernuansa gelap, ubahlah dengan warna yang cerah, atau bisa pula melakukan kombinasi dan variasi beberapa warna cat.

Menata ulang peralatan dapur

Dengan mengubah tata letak alat-alat dapur, dari yang besar hingga kecil, Anda akan merasakan perubahan suasana. Pada mulanya Anda mungkin sedikit kebingungan karena barang-barang mengalami perpindahan tempat, atau berbeda dari tempat semula, tetapi lama-lama Anda pun akan kembali terbiasa.

Dengan menata ulang peralatan dapur, Anda kemungkinan bisa lebih menghemat ruang dapur, sehingga dapur terkesan lebih longgar.

Mengganti atau memperbaiki rak/lemari dapur

Biasanya, yang paling menyita perhatian di dapur adalah lemari dapur, atau rak-rak yang berjajar di sana. Karena barang-barang inilah yang biasanya memiliki ukuran paling besar, sehingga menyita perhatian kita.

Karenanya, jika lemari atau rak-rak dapur Anda sudah terlihat kotor, kusam, atau bahkan rusak, Anda bisa menggantinya. Jika masih memungkinkan untuk diperbaiki, Anda bisa membersihkannya, atau mengecat ulang dengan warna-warni baru.

Mengganti tirai jendela dapur

Jika dapur Anda dilengkapi jendela, dan ditutup dengan tirai atau gorden, ada baiknya kalau Anda mengganti tirai atau gorden yang biasa dipakai dengan tirai atau gorden baru. Pilihlah tirai atau gorden yang berwarna-warni cerah, sehingga menjadikan suasana dapur terkesan lebih cerah dan terang.