Tips Pintar Memanggang Masakan dengan Arang

 Tips Pintar Memanggang Masakan dengan Arang

BIBLIOTIKA - Memanggang dalam oven atau kompor gas tentunya tidak terlalu rumit, karena besar api dan suhunya bisa diatur dengan mudah, serta diketahui secara pasti. Tetapi jika Anda ingin memanggang dengan arang, dengan tujuan agar bau arang lebih kental, maka prosesnya tidak akan semudah di atas.

Menjaga agar arang tetap memiliki panas stabil cukup sulit. Biasanya cukup pada 140 derajat Celcius, namun Anda tetap harus mengontrolnya supaya pada saat pertama kali memanggang, kondisi arang tidak terlalu panas.

Seharusnya, pada waktu mulai memanggang, panas panggangan pada posisi medium (setengah panas, atau tidak terlalu panas), meski untuk daging sapi diperlukan suhu yang cukup tinggi. Namun, perlu kehati-hatian jika membakar ikan atau sayuran, karena diperlukan panas yang lebih rendah, sekitar medium.

Intinya, ketika akan memanggang dengan cara tradisional, yakni dengan arang, beberapa hal berikut ini bisa dijadikan pegangan. Tip berikut ini akan menghindarkan panggangan Anda gosong sebelah:

Tunggulah hingga api tidak muncul lagi dari bara arang. Api yang terlihat merah kekuningan menunjukkan arang masih menyala, dan akan memberikan asap cukup banyak. Asap tidak akan membuat bahan makanan menjadi gosong atau terbakar, namun akan mengakibatkan masakan Anda terlalu berbau asap. Untuk mencapai suhu medium, diperlukan waktu sekitar 20 sampai 25 menit.

Perhatikan arang dengan cermat. Setelah nyala api mulai mengecil dan arang menjadi bara, biasanya terlihat warna putih. Ini berarti api dalam kondisi terpanas. Pada waktu itu, letakkan panggangan. Atur juga jarak antara api dan panggangan untuk memperkirakan panas yang dibutuhkan. Jika ingin suhu tinggi, letakkan panggangan tidak terlalu jauh dari bara, cukup sekitar 2 hingga 6 inci. Normalnya adalah 4 inci dari bara api.

Cara mengetes terbaik, tentu saja menggunakan tangan. Begitu tangan Anda ditaruh di atas bara dan secera reflek menjauh, berarti kondisi api sangat panas. Biasanya, suhu akan berkurang dalam 8 sampai 10 menit. Coba tes lagi. Jika suhu mulai merendah, maka nyala api kemerahan lebih sedikit muncul, dan arang akan berubah menjadi kuning kecokelatan. Waktu pemanggangan normal sekitar 30 menit hingga 45 menit.