Tips Pintar agar Sayuran Selalu Segar

 Tips Pintar agar Sayuran Selalu Segar

BIBLIOTIKA - Tips berikut ini ditujukan untuk sayuran yang akan disimpan. Biasanya, sayuran yang disimpan selama beberapa hari akan menjadi layu atau rusak, dan tidak segar lagi. Karenanya, untuk menjaga sayuran tersebut tetap segar meski disimpan beberapa hari, silakan ikuti tip berikut.

Cucilah sayuran dengan air dingin, hingga bersih. Kemudian tiriskan dan keringkan (jika diperlukan, bisa menggunakan lap penyerap air). Setelah itu, masukkan ke dalam kantong plastik yang longgar (tidak sempit), dan ikatlah rapat-rapat. Simpan sayuran tersebut dalam lemari es atau kulkas, dan usahakan tidak tertindih benda lain.

Selain tips di atas, ada tip lain untuk menjaga agar sayuran selalu segar, khususnya kalau di rumah tidak ada lemari pendingin.

Caranya, siangi sayuran tersebut, cuci bersih, lalu bungkus dengan selembar koran, dan masukkan ke dalam kantong plastik. Letakkan di tempat yang sejuk. Maka sayuran Anda pun akan senantiasa awet dan segar.


Tips agar sayuran tetap segar setelah direbus

Setelah direbus, sayuran biasanya akan menjadi layu dan tidak terlihat segar lagi, sehingga tampilannya tidak menarik lagi. Jika Anda menginginkan sayuran Anda tetap terlihat segar setelah direbus—mungkin karena akan digunakan untuk pecel, gado-gado, atau lainnya—Anda bisa menggunakan tip berikut ini.

Masukkan air ke dalam panci, kemudian masaklah sampai mendidih. Setelah itu masukkan sayuran ke dalamnya, dengan ditambahi 1 sendok teh gula pasir. Selama direbus, panci tidak boleh ditutup sampai sayurannya matang, agar penguapan berjalan dengan baik. Setelah itu angkatlah sayuran setelah matang.