Tips Pintar agar Nasi Tidak Cepat Basi

 Tips Pintar agar Nasi Tidak Cepat Basi

BIBLIOTIKA - Anda sering menghadapi masalah berupa nasi yang cepat basi atau berwarna kekuningan? Untuk mengatasi masalah semacam itu, silakan gunakan tip berikut.

Ambillah 3 lembar daun pandan, ½ butir jeruk nipis dan peras airnya, lalu campurkan kedua bahan di atas di dalam panci atau di tempat beras akan dimasak. Setelah itu masaklah beras di panci tersebut sampai benar-benar matang. Nah, kini nasi Anda tidak kekuningan dan tidak cepat basi lagi.

Tips agar nasi tetap putih dan berbau sedap

Nasi yang disimpan di dalam majig jar lebih dari sehari, biasanya akan berbau kurang sedap, serta berwarna kekuningan atau tidak putih lagi. Tentu saja kita jadi kehilangan selera untuk menyantap nasi yang seperti ini, kan? Nah, untuk mengatasinya, silakan gunakan tip berikut.

Sewaktu menanak nasi, masukkanlah beberapa helai daun pandan ke dalamnya. Setelah nasi matang, angkat dan dinginkan. Kemudian, masukkanlah sehelai kain yang bersih ke dalam dasar majig jar, dan setelah itu masukkan nasi ke dalamnya. Tutup majig jar hingga rapat.

Dengan cara di atas, nasi Anda yang disimpan di dalam majig jar pun akan tetap sedap dan tahan lama.

Tips mencegah nasi liwet hangus 

Sering mengalami nasi liwet yang hangus? Nasi liwet tidak akan hangus setelah matang, bila kita gunakan tip mudah berikut ini.

Pada saat nasi telah matang (kering dan tidak lemas) panci atau dandang diangkat, lalu direndam dalam air dingin, tetapi mulut panci atau dandang tidak sampai tersentuh air.

Setelah direndam sebentar, angkatlah panci atau dandang tadi, dan panaskan lagi dengan api yang dikecilkan. Dengan cara begitu, nasi liwet akan matang tanpa hangus, putih bersih, dan lunak.