Tips Merawat Peralatan Masak Antilengket

Tips Merawat Peralatan Masak Antilengket

BIBLIOTIKA - Peralatan masak, semisal panci atau wajan antilengket, telah memudahkan ibu-ibu dalam aktivitas memasak sehari-hari, karena menghemat waktu pencucian, serta mengurangi jumlah minyak yang digunakan dalam aktivitas memasak. Karenanya, pirati antilengket ini juga perlu dijaga serta dirawat dengan baik agar tahan lama digunakan.

Kalau sewaktu-waktu panci atau wajan Anda ditempeli kerak hitam, sebaiknya jangan dikerik, tapi gunakan citrun (bahan tambahan untuk membuat koktail) untuk membersihkannya. Caranya, campurkan citrun ke dalam air, kemudian rendam piranti masak yang terdapat kerak tadi ke dalamnya. Setelah itu, cuci dengan sabun seperti biasa untuk melepas kerak hitamnya, sehingga alat masak kembali bersih.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari menyangkut panci atau wajan antilengket milik Anda. Berikut ini beberapa yang perlu Anda ingat:

Jangan menjadikan piranti masak sebagai alas memotong daging, sayuran, atau bahan lainnya, karena akan mengakibatkan goresan pada permukaannya. Meski mungkin goresannya hanya sedikit, namun tetap bisa membuat panci atau wajan tersebut berkarat.

Sebaiknya, gunakan peralatan dari karet/plastik atau spatula silikon untuk mengambil makanan dari panci atau wajan, supaya tidak menimbulkan goresan.

Perubahan suhu air yang sangat drastis, misalnya wajan yang masih dalam keadaan panas langsung disiram air dingin, dapat menyebabkan kerusakan pada bentuk lapisan, sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk memasak. Setelah dipakai, sebaiknya biarkan wajan benar-benar dingin terlebih dulu sebelum dimasukkan ke air untuk dicuci.

Deterjen yang digunakan untuk mencuci piring umumnya cukup keras untuk mencuci peralatan antilengket. Karenanya, peralatan masak antilengket pun tidak jarang jadi rusak, karena tidak dapat kering seratus persen. Sebaiknya, setelah selesai dicuci, segera dilap hingga kering. Pastikan peralatan tersebut benar-benar telah kering sebelum disimpan.

Hampir semua peralatan masak antilengket didesain untuk memasak dengan panas rendah hingga sedang. Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan lapisan antilengket jadi meleleh atau melepuh, sehingga membuat wajan atau panci jadi rusak.

Untuk merawatnya dengan baik, dan agar piranti antilengket dapat bertahan lama digunakan, sebaiknya bacalah aturan pakai mengenai panas yang dapat digunakan oleh masing-masing peralatan tersebut. Setiap merek biasanya memiliki aturan yang berbeda.