Tips Menyuburkan Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa

 Tips Menyuburkan Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa

BIBLIOTIKA - Pohon pepaya yang sudah tua biasanya tidak lagi menghasilkan buah, dan orang terpaksa menanam kembali pohon pepaya dengan menggunakan bijinya. Ada cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk menghasilkan pohon pepaya baru, jika pohon pepaya di kebun Anda sudah mulai tua.

Caranya, potonglah pohon pepaya yang sudah tua tadi, dan sisakan bagian pangkal bawahnya sekitar 5 centimeter dari permukaan tanah. Tutuplah sisa pangkal pohon itu dengan plastik yang bersih. Kira-kira tiga minggu setelah itu akan tumbuh tunas baru. Cara ini jauh lebih cepat dibandingkan jika menanam pohon pepaya baru dengan menanam bijinya.


Tips menyuburkan pohon kelapa

Tahukah Anda, garam bisa digunakan untuk memupuk pohon kelapa, yang fungsinya untuk menyuburkan dan menjadikan buahnya lebih lebat. Di daerah pesisir Jawa Timur, hal ini sudah dilakukan secara turun temurun.

Karenanya, kalau di kebun Anda memiliki pohon kelapa yang diharapkan berbuah lebat, gunakan saja resep ini. Sediakan tiga kilogram garam, lalu letakkan (taburkan) di setiap pangkal pelepah pohon kelapa Anda. Takarannya adalah tiga kilogram garam untuk satu pohon.

Dengan melakukan cara ini, pohon kelapa Anda pun akan berbuah lebih lebat dibanding pohon kelapa umumnya.


Tips agar pohon kelapa berbuah lagi

Ketika janur pohon kelapa dipotong, maka biasanya pohon tersebut tidak bisa berbuah lagi alias mandul. Karenanya, banyak pemilik pohon kelapa yang keberatan jika janurnya diminta orang (misalnya untuk keperluan membuat hiasan acara perkawinan).

Nah, kalau Anda kebetulan memiliki pohon kelapa, dan janur pohon Anda diminta tetangga, tak perlu khawatir lagi. Ada cara mudah untuk kembali menumbuhkan kelapa di pohon Anda. Caranya, mintalah orang yang meminta janur itu untuk tidak memotong semua bagian janur tersebut (sisakan sedikit pangkal janurnya).

Setelah itu, ambil sekepal garam, letakkan pada sisa atau pangkal potongan janur tersebut, kemudian bungkuslah dengan kain. Dengan cara ini, pohon kelapa Anda akan kembali berbuah.