Tips Menyimpan Makanan agar Tidak Cepat Rusak

 Tips Menyimpan Makanan agar Tidak Cepat Rusak

BIBLIOTIKA - Makanan yang kita simpan terkadang harus dibuang karena rusak, baik karena basi atau karena membusuk. Hal ini tidak semata-mata tergantung pada lamanya penyimpanan makanan tersebut, tetapi juga dipengaruhi pada cara kita menyimpannya. Tip berikut ini dapat digunakan agar makanan yang kita simpan tidak cepat rusak:

Simpanlah sesuai temperatur. Biasanya, kita menyimpan semua buah dan sayuran di dalam kulkas. Padahal buah dan sayuran tertentu justru rusak jika disimpan dalam temperatur dingin. Misalnya tomat atau labu. Karenanya, simpan setiap makanan sesuai dengan temperaturnya yang tepat.

Simpanlah produk kering di dalam kulkas. Produk kering semisal terigu, maizena, atau padi-padian, cenderung mengundang serangga yang merusaknya, sehingga tidak bisa digunakan lagi. Untuk mencegah kerusakan semacam itu, simpan saja di dalam kulkas, sehingga lebih aman dari serangan hama.

Buah dan sayuran sebaiknya disimpan secara terpisah. Biasanya, kita menyimpan buah dan sayuran di dalam kotak crisper di dalam kulkas. Beberapa jenis buah, semisal apel, mengeluarkan gas ethylene, dan gas ini dapat menyebabkan sayuran lebih cepat matang. Karenanya, sebaiknya simpan buah dan sayuran secara terpisah, sehingga sayuran tetap terjaga kesegarannya.


Tips pintar menyimpan makanan kaleng

Bagi yang tidak ingin repot, makanan kaleng seperti sudah menjadi bagian sehari-hari. Nah, tahukah Anda, cara penyimpanan yang baik akan ikut menentukan usia makanan kaleng kita? Agar tetap aman dikonsumsi dalam waktu cukup lama, kita perlu menyimpan makanan kaleng tersebut dengan benar. Berikut ini tip yang bisa Anda lakukan:

Pastikan kemasan makanan tersebut dalam kondisi bersih dan tersegel baik sebelum disimpan.

Pilihlah tempat penyimpanan yang bersih, sejuk, kering, dan mempunyai temperatur ruang yang stabil, misalnya di dalam lemari, rak tertutup, atau di kabinet dapur.

Agar makanan kaleng tidak tersimpan terlalu lama, pilihlah tempat yang mudah dijangkau, dan sering Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan. Hindari menyimpan di tempat-tempat tersembunyi, gelap, atau terlalu dekat dengan lantai atau langit-langit ruangan.

Simpanlah makanan kaleng Anda dengan aturan seperti ini; kelompokkan produk berdasarkan jenis makanan yang dikalengkan, letakkan produk yang baru Anda beli di belakang produk lama, susun produk berdasarkan tanggal kadaluwarsa terdekat, dan bila perlu tuliskan tanggal kadaluwarsanya pada secarik kertas, lalu tempelkan di atas label produk biar mudah kelihatan, agar Anda tidak sampai mengkonsumsi produk yang sudah lewat masa kadaluwarsanya.

Untuk makanan kaleng yang kemasannya sudah terbuka, sebaiknya disimpan dalam kulkas. Selain itu, rapatkan kembali kemasannya, atau masukkan ke dalam wadah tertutup lainnya.