Tips Menjadikan Dapur Nyaman dan Lengkap

Tips Menjadikan Dapur Nyaman dan Lengkap

BIBLIOTIKA - Bisa dibilang, dapur adalah jantungnya rumah, karena melalui dapur inilah denyut kehidupan keluarga disuplai. Melalui dapur, makanan dan minuman dibuat, bahan mentah diolah menjadi masakan matang untuk disantap, dan di dapur pula kita melakukan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas makan dan minum.

Karena pentingnya fungsi dapur, maka tentunya dapur yang nyaman adalah dapur yang memiliki peralatan lengkap. Sehingga kapan pun anggota keluarga memerlukan sesuatu menyangkut makan dan minum, dapur telah menyediakannya. Sungguh lucu kalau kita sampai kelaparan di tengah malam, hanya karena tidak bisa memasak mi instan karena tidak memiliki panci kecil.

Nah, untuk melengkapi dapur Anda agar nyaman digunakan keluarga, berikut ini adalah peralatan standar yang perlu ada di dapur rumah Anda. Panduan berikut ini tentunya penting, khususnya bagi Anda yang baru membangun rumahtangga, dan masih kebingungan mengenai apa saja yang perlu ada di dapur Anda.
  1. Peralatan dapur wajib, terdiri dari kompor, satu set pisau, tempat sendok dan nasi, aneka macam sendok (untuk nasi, lauk, sayur), saringan, wajan cekung dan wajan antilengket, panci besar dan kecil, dandang, talenan kayu, parutan, alat pembuka botol, tempat garam dan merica, serta nampan.
  2. Satu set meja makan, plus taplaknya. Akan lebih baik kalau Anda bisa menyediakan setidaknya tiga taplak meja dengan motif atau warna yang berbeda.
  3. Rak piring.
  4. Rice cooker.
  5. Peralatan makan standar, terdiri dari piring, gelas, cangkir, mug, sendok dan garpu, mangkuk dan serbet.
  6. Lemari kecil atau rak yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan, makanan instan, bumbu dapur, atau bisa juga untuk menyimpan sendok, garpu, dan pisau.
  7. Lemari es. Selain dapat digunakan untuk mendapatkan minuman dingin, juga berfungsi sebagai lemari penyimpan makanan atau bahan masakan.