Tips Mengatasi Masakan dan Sayur Keasinan

Tips Mengatasi Masakan dan Sayur Keasinan

BIBLIOTIKA - Karena lalai atau tidak sengaja, masakan yang kita buat mengalami kelebihan garam, sehingga rasanya menjadi keasinan atau terlalu asin. Kalau sudah begitu, masakan pun jadi tidak lezat lagi, dan anggota keluarga jadi kehilangan selera untuk menikmatinya. Apa yang harus dilakukan?

Untuk mengatasinya, ambil saja satu buah mentimun, lalu kupas bersih. Irislah mentimun itu menjadi 4 sampai 5 potong, lalu masukkan ke dalam masakan yang keasinan. Tunggu sampai sekitar tiga menit, lalu angkat kembali potongan-potongan mentimun itu. Nah, sekarang masakan Anda tidak keasinan lagi.

Mengatasi sayur yang keasinan

Tips berikut ini tak jauh beda dengan yang di atas, yakni mengatasi masalah keasinan, hanya saja tip berikut hanya ditujukan untuk masakan sayur.

Ketika membuat sayur berkuah dan keasinan, apa yang biasanya Anda lakukan? Jika kita menambahkan air, maka rasanya akan jadi kurang lezat, karena kebanyakan kuah. Sedang jika dibiarkan, rasa yang terlalu asin itu tentu saja mengganggu kelezatannya. Untuk mengatasinya, gunakan saja kentang.

Caranya, ambil dua buah kentang, lalu kupas dan cuci bersih. Rebuslah kentang tersebut sampai masak, lalu masukkan ke dalam sayur yang keasinan di atas. Panaskan lagi sampai mendidih, kemudian angkat, dan ambillah kentang dari dalam sayur Anda.

Nah, setelah itu masakan sayur Anda tidak keasinan lagi, karena kentang yang direbus bersamanya berfungsi menyerap garam di dalamnya. Jika Anda mau, kentang itu pun bisa Anda makan.

Mengatasi aroma asin sewaktu memasak

Ketika menggoreng ikan asin di wajan penggorengan, biasanya seluruh rumah akan terasa berbau khas ikan asin. Sebenarnya itu hal lumrah, karena bau asin memang mudah menyebar. Tetapi, jika keluarga Anda merasa terganggu dengan hal ini, Anda bisa menggunakan tip berikut untuk mengatasinya.

Setelah minyak di dalam wajan penggorengan telah panas, masukkanlah satu sendok ketumbar ke dalam wajan tersebut. Baru setelah itu Anda mulai menggoreng ikan asin Anda. Dengan cara ini, bau khas ikan asin tidak akan menyebar.