Tips Memilih dan Mengolah Daging Kambing

Tips Memilih dan Mengolah Daging Kambing

BIBLIOTIKA - Tidak semua bagian dari kambing cocok untuk disate atau dibuat gulai. Ada bagian-bagian tertentu yang lebih enak jika digoreng, misalnya. Ada pula bagian yang membutuhkan waktu lama supaya empuk, sementara bagian lain justru hanya memerlukan waktu sangat pendek.

Kalau sewaktu-waktu Anda memasak daging kambing di rumah dan tidak mau bingung dalam memilih bagian daging serta cara memasaknya, berikut ini tip yang bisa digunakan sebagai acuan.

Pertama, kaki kambing. Banyak dikenal hidangannya yang berkuah seperti sup kaki kambing. Memang tepat jenis hidangan itu, karena kaki kambing cocok untuk direbus dan dipanggang. Secara umum bisa diolah dengan berbagai cara. Untuk hidangan khas Arab, kebab misalnya, bagian ini pun layak dipilih. Lemak pada bagian ini tergolong sedikit dan bisa dibuang dengan mudah.

Kedua, daging bagian pinggang. Bagian ini biasanya terdiri dari sirloin dan tenderloin yang merupakan daging pinggang yang lunak. Daging dari bagian ini sangat empuk, sehingga memasaknya hanya perlu waktu yang sangat pendek. Bisa dibuat steak atau sup. Aneka cara masak yang dipilih mulai digoreng, direbus, atau dipanggang.

Ketiga, bagian iga yang diambil dari bagian rusuk. Pengolahnnya cukup beragam. Mulai dari direbus, digoreng, dipanggang, baik langsung ataupun tidak langsung terkena api. Keragaman itu menyebabkan waktu memasak yang dipilih juga bisa bermacam-macam, tergantung selera. Di bagian rusuk yang biasanya menempel lemak, bila tak suka bisa diangkat, sebagian atau seluruhnya.

Keempat, bagian bahu yang cocok untuk dikukus, digoreng, dan direbus, namun dengan air yang sangat minim, dan cara masaknya lebih baik agak lama. Bisa dalam api kecil atau menggunakan sedikit air, sehingga lebih cepat lunak. Alat dapur yang digunakan lebih baik kaserol.

Kelima, tulang kering. Bagian ini lebih baik dipanggang tanpa api, atau direbus dengan sedikit air. Bagian ini selalu dimasak dengan air, dengan waktu memasak yang lama sehingga daging dan tulang bisa terpisah. Tapi lama memasaknya juga tergantung selera.