Tips Membersihkan Termos dan Toples

Tips Membersihkan Termos dan Toples

BIBLIOTIKA - Termos yang biasa digunakan untuk menyimpan air panas biasanya akan muncul kerak yang menempel pada bagian dalam termos. Lama-lama, kerak ini akan semakin tebal, dan sulit dibersihkan. Nah, untuk membersihkannya dengan mudah, Anda bisa melakukan tip berikut.

Isilah termos dengan air secukupnya, lalu masukkan segenggam beras ke dalamnya. Setelah itu, tutuplah termos dengan rapat, dan kocok-kocok selama mungkin. Kemudian buang air yang ada di dalamnya. Jika kerak dalam termos belum keluar semua, ulangi langkah di atas sampai termos menjadi bersih.

Selain menggunakan tip di atas, ada tip lain yang juga bisa Anda lakukan untuk membersihkan termos yang berkerak, yaitu dengan jeruk nipis.

Caranya, ambillah dua atau tiga buah jeruk nipis, lalu peraslah dan ambil airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan air panas, lalu masukkan ke dalam termos. Tutuplah termos selama sekitar dua jam, kemudian bukalah dan tuangkan keluar air di dalam termos tadi. Semua kerak dalam termos pun telah luruh dan sekarang termos Anda telah bersih kembali.


Tips menghilangkan bau tengik pada toples

Toples atau kaleng yang lama disimpan, biasanya akan berbau tengik. Tak peduli sudah sebersih apa pun kita mencucinya, toples yang lama tidak dipakai akan mengeluarkan bau tengik. Untuk mengatasinya, ada tip mudah yang bisa Anda praktekkan, yaitu dengan menggunakan kertas koran.

Bakarlah kertas koran secukupnya, hingga menjadi abu. Kemudian masukkan abu bekas bakaran koran itu ke dalam toples atau kaleng yang berbau tengik. Tutuplah selama kira-kira lima menit, lalu buanglah bakaran kertas koran tadi dan bersihkan toples atau kaleng Anda. Niscaya bau tengik pun kini sudah lenyap.

Jika tips di atas ditujukan untuk mengatasi toples yang terlanjur berbau tengik karena lama disimpan, maka tips berikut ini adalah untuk menjaga agar toples tidak berbau tengik meski lama disimpan. Caranya tetap menggunakan kertas koran, hanya saja kali ini tidak perlu dibakar.

Ketika Anda akan menyimpan toples dalam waktu lama, masukkanlah kertas koran bekas ke dalam toples-toples itu, hingga isinya penuh. Setelah itu Anda bisa menyimpan toples Anda tanpa khawatir toples-toples itu akan mengeluarkan bau tengik.