Tips Membersihkan Karat pada Peralatan Dapur

Tips Membersihkan Karat pada Peralatan Dapur

BIBLIOTIKA - Peralatan dapur yang lama tidak digunakan bisa berkarat, entah sendok, garpu, atau yang lainnya. Untuk mengatasi karat pada peralatan dapur, silakan gunakan tip berikut.

Rendamlah alat-alat tersebut di dalam minyak tanah, selama kurang lebih dua jam. Setelah itu, gosok dengan sabut kelapa, sambil dibubuhi abu gosok. Setelah karatnya hilang, cuci kembali dengan sabun, sampai bau minyak tanah benar-benar hilang. Nah, peralatan dapur Anda telah bersih kembali.


Tips membersihkan kompor dan oven

Kompor yang kotor tentu saja tidak sedap dipandang. Nah, untuk membersihkannya, yang pertama harus dilakukan adalah melepaskan rangka tungku kompor, dan kemudian membersihkannya dengan deterjen.

Untuk menghilangkan noda minyak, bersihkan dengan sedikit air yang dicampur baking soda. Kemudian keringkan setelah bersih. Hindari menggunakan abu gosok atau sikat kasar untuk membersihkan kompor Anda.

Untuk membersihkan oven, bersihkan bercak-bercak sisa makanan dengan menggunakan busa dan garam. Ketika oven sudah dingin, bersihkan isi oven dengan lap yang lembap, kemudian keringkan.


Tips merawat alat dapur dari kayu

Peralatan di dapur tidak semuanya terbuat dari alumunium atau plastik. Ada juga yang terbuat dari kayu, semisal talenan, sendok pengaduk, dan lain-lain. Berikut ini beberapa keuntungan alat masak dari kayu:

Peralatan dari kayu tidak membuat goresan di penggorengan atau panci, dan untuk makanan pun cenderung tidak membuat rusak dari sisi bentuk.

Sendok kayu tidak menghantarkan panas, sehingga tidak memberikan pengaruh terhadap warna makanan.

Bentuk dan ukuran perabotan kayu yang beraneka ragam membuat pemakai lebih nyaman menggunakannya.

Menurut riset, talenan dari kayu lebih tepat digunakan untuk memotong sayur dan buah, sedangkan talenan plastik cocok untuk memotong daging.

Untuk merawat peralatan dapur yang terbuat dari bahan kayu tersebut, Anda bisa menggunakan tip mudah dan sederhana berikut.

Setelah dipakai, bersihkan peralatan dengan menggunakan sabun pencuci dan air panas.

Khusus untuk talenan dari kayu, harus dicuci dengan sabun pencuci dan menyikatnya, baru dibilas dengan air hangat beberapa kali, lalu dikeringkan.