Richard Kinder, Bos yang Cuma Dibayar 1 Dollar Per Tahun

 Richard Kinder, Bos yang Cuma Dibayar 1 Dollar Per Tahun

BIBLIOTIKA - Richard Kinder adalah pendiri dan CEO Kinder Morgan, Inc., perusahaan energi terbesar ketiga di Amerika Utara. Dia lahir pada 19 Oktober 1944 di Cape Girardeau, Missouri, AS, dan kuliah di University of Missouri.

Dia memulai karirnya sebagai seorang pengacara untuk perusahaan Enron Corporation. Setelah serangkaian merger yang dibantunya, dia kemudian ikut duduk di pengurusan perusahaan Enron, dari tahun 1990 sampai 1996.

Pertengahan 1996, Richard Kinder mengundurkan diri dari Enron, untuk mendirikan perusahaan sendiri bersama teman kuliahnya, William V. Morgan. Perusahaan yang mereka dirikan bernama Kinder Morgan Inc., yang bergerak di bidang energi. Perusahaan itu resmi berdiri pada Februari 1997. Dalam perjalanannya kemudian, Kinder Morgan Inc. mengakuisisi perusahaan KN Energy hingga El Paso Corporation. Setelah itu, Kinder Morgan Inc. menjadi perusahaan energi yang sangat besar di Amerika Utara.

Pada waktu-waktu awal didirikan, Kinder Morgan Inc. adalah perusahaan kecil dengan 175 karyawan, dan nilai perusahaan hanya 325 juta dollar. Kini, Kinder Morgan Inc. telah menjadi perusahaan besar dengan 12.000 karyawan, dan nilai perusahaannya telah meningkat drastis menjadi 115 miliar dollar.

Dalam menjalankan bisnisnya, Kinder Morgan Inc. mengoperasikan pipa sepanjang 84.000 mil dengan 165 terminal. Produk perusahaan itu meliputi olahan minyak bumi, minyak mentah, gas, bensin, etanol, batu bara, hingga baja.

Meski menjadi CEO perusahaan yang menghasilkan miliaran dollar, Richard Kinder hanya mendapat gaji 1 dollar per tahun. Jumlah gaji sekecil itu atas kemauannya sendiri—sesuatu yang ia tiru dari Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple.

Steve Jobs menyatakan, bahwa perbedaan penting antara pemimpin dan pegawai adalah inovasi. Dan inovasi, bagi pemimpin, tidak bisa dimotivasi oleh uang, melainkan oleh passion. Karenanya, ketika menjadi CEO Apple Corporation, Steve Jobs menggaji dirinya sendiri sebesar 1 dollar per tahun, untuk menantang diri sendiri bahwa dia tetap akan bekerja keras—bukan karena uang, melainkan lebih karena passion.

Melalui gaji 1 dollar per tahun itu pula, Steve Jobs bermaksud memberi contoh pada para pegawainya, bahwa tujuan bekerja tidak semata untuk uang, melainkan untuk sesuatu yang lebih berharga. Teladan itulah yang kemudian ditiru oleh Richard Kinder. Meski dia menjadi CEO, dan perusahaannya menghasilkan keuntungan besar, dia hanya menerima gaji 1 dolar per tahun. Gaji sekecil itu telah dimulainya sejak mendirikan Kinder Morgan, Inc. pada 1997, hingga sekarang.

Jika Richard Kinder hanya mendapat gaji 1 dollar per tahun, lalu dari mana dia mendapat banyak uang, hingga masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia?

Richard Kinder mendapat jatah dividen atau keuntungan yang besar dari perusahaannya, karena dia memegang 245 juta lembar saham Kinder Morgan, Inc. yang didirikannya, dan dia tidak pernah menjual satu lembar pun. Karena nilai saham Kinder Morgan, Inc. cenderung terus naik, pemasukan yang diterima Richard Kinder juga ikut naik.

Melalui 245 juta lembar saham perusahaan, dia mendapatkan dividen sebesar 400 juta dollar per tahun. Karenanya, meski hanya bergaji 1 dollar per tahun, Richard Kinder tetap mendapatkan penghasilan ratusan juta dollar per tahun, hingga akhirnya memiliki kekayaan mencapai 12 miliar dollar.

Tak jauh beda dengan kebanyakan orang-orang terkaya di dunia, Richard Kinder juga mendirikan yayasan yang ia gunakan untuk menyalurkan sumbangannya. Melalui Kinder Foundation, dia membantu pendidikan serta mempromosikan pelestarian alam. Kinder Foundation juga menyumbang 15 juta dollar untuk Rice University pada 2010, untuk tujuan penelitian kesehatan wilayah perkotaan.