Pekerjaan Rumah Menjauhkan Wanita dari Kanker Payudara

  Pekerjaan Rumah Menjauhkan Wanita dari Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Ini kabar menyenangkan bagi para wanita atau ibu rumah tangga yang biasa aktif di dalam rumah. Daripada mengeluhkan aktivitas rumah yang bisa dibilang tak ada habisnya, kini Anda bisa mensyukuri hal itu karena secara tak langsung menjauhkan Anda dari kemungkinan terkena kanker payudara.

Tim ilmuwan dari European Prospective Investigation of Cancer (Epic) melakukan penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa gaya hidup yang aktif ditengarai mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker. Melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti berkebun, memasak, menyapu, mencuci, mengajak anjing jalan-jalan, juga bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 13 persen.

Penemuan itu didasarkan pada penelitian yang mengamati kaitan antara aktivitas tubuh dengan kanker. Hasilnya mengonfirmasikan bahwa melakukan banyak aktivitas fisik mampu mencegah kanker.

Studi itu dilakukan dengan mengamati 8.000 wanita. Kesimpulannya, berdasarkan penelitian tersebut, wanita yang memiliki gaya hidup aktif diketahui memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah hingga 13 persen. Sementara itu wanita dengan gaya hidup sedang (tidak terlalu aktif), memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah hingga 8 persen. Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga dalam bentuk yang ringan pun bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Sara Hiom, salah satu peneliti, menyatakan, “Olahraga bisa berbentuk apa pun yang membuat Anda tetap sibuk dan bergerak, seperti mengajak anjing jalan-jalan, berkebun, dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Sedikit perubahan dalam rutinitas sehari-hari juga bisa memberikan dampak yang besar, seperti memilih menggunakan tangga daripada lift atau elevator. Memilih berjalan saat ke sekolah atau kantor, dan melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri.”

Sebelumnya, penelitian lain telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik bisa mencegah 3.000 orang terkena kanker setiap tahunnya. Karenanya, ahli kesehatan pun menyarankan agar setiap orang melakukan setidaknya 150 menit olahraga setiap hari.