Panduan Pintar Menyimpan Daging Ayam

 Panduan Pintar Menyimpan Daging Ayam

BIBLIOTIKA - Karena suatu alasan atau kebutuhan, kita bisa saja perlu menyimpan daging ayam hingga waktu yang cukup lama. Bagaimana cara agar daging ayam yang kita simpan senantiasa segar? Silakan cermati tips berikut ini.

Pertama, bersihkan daging dari bulu-bulu yang masih melekat, lalu cucilah hingga bersih. Kemudian bungkus daging ayam tersebut dengan kemasan plastik serapat mungkin untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada waktu penyimpanan.

Penyimpanan yang dilakukan di dalam lemari es dengan temperatur 2 sampai 4 derajat Celcius dapat menjadikan daging ayam bertahan selama 2 sampai 3 hari. Sedang jika disimpan di dalam freezer bisa bertahan hingga 6 bulan.

Tips agar daging ayam tidak saling lengket

Kalau kita membeli ayam potong di swalayan atau supermarket, kita biasanya menyimpan sisanya di lemari pendingin. Yang biasanya terjadi, ketika akan dimasak, dada ayam yang jumlahnya lebih dari satu itu saling berdempetan dan sulit dilepaskan. Jika ditarik paksa memang akan terlepas, tapi dagingnya akan sobek dan tidak bagus lagi ketika dimasak.

Biasanya, orang mengatasi masalah semacam di atas dengan cara merendam daging yang saling lengket itu di dalam air panas. Tetapi cara ini kurang efektif, karena membuang waktu. Ada tip yang lebih mudah untuk mengatasi masalah seperti di atas.

Caranya, sebelum disimpan di dalam lemari pendingin, taruhlah dada-dada ayam tersebut pada kantung plastik. Jangan ditumpuk, tapi ditata secara berjajar. Setelah itu lipat bersama plastiknya. Jika di dalam plastiknya terdapat udara, lepaskan udara dari kantung plastik itu sebanyak mungkin. Nah, sekarang daging ayam simpanan Anda tidak akan lengket lagi.