Panduan Pintar Memasak Udang

 Panduan Pintar Memasak Udang

BIBLIOTIKA - Agar udang yang Anda masak tetap terasa manis dan tidak keras, ada tiga hal yang perlu Anda ingat.

Pertama, rahasia mengolah udang dengan baik adalah udang harus selalu dimasak dengan sangat cepat, untuk mendapatkan rasa yang manis dan lezat. Kedua, kebanyakan udang dimasak sekurang-kurangnya tiga menit. Begitu udang terlihat kemerahan, berarti sudah matang. Ketiga, udang sangat cepat matang, serta sangat cepat pula berubah, dan tidak bisa dimakan jika sedikit saja terlalu lama dimasak.

Untuk menghasilkan masakan udang yang prima, Anda bisa mencoba resep berikut.

Ambillah ½ kilogram udang, masukkan ke dalam panci yang telah diisi air mendidih hingga 1/3-nya. Masukkan 3 sendok teh garam ke dalamnya. Tutuplah panci, didihkan lagi, dan masak sampai kulit udang kelihatan matang.

Untuk lobster, biasanya perlu waktu sekitar 7 sampai 8 menit, udang pacet besar antara 5 sampai 7 menit, sementara udang berukuran sedang bisa siap dalam waktu 3 sampai 4 menit.

Begitu udang matang, langsung angkat dan celupkan ke dalam air dingin, agar proses memasaknya terhenti. Jangan biarkan terus berada di dalam air panas atau mendidih, karena akan terus ada panas yang menjadikan udang mengeras.

Tips agar udang tidak menyebabkan alergi

Selain enak dan lezat, masakan udang juga mengandung protein yang tinggi. Hanya saja, banyak orang yang alergi jika makan udang. Karenanya, jika Anda atau anggota keluarga Anda kebetulan alergi dengan udang, silakan lakukan tip berikut ini untuk menghindarkan alergi yang ditimbulkan masakan udang.

Pertama, cucilah udang sampai bersih, setelah itu direbus dengan menambahkan arang pada rebusan. Setelah masak atau matang, angkat dan cucilah kembali udang tersebut. Setelah itu, udang siap dimasak sesuai selera.

Arang yang dimasukkan dalam perebusan di atas berfungsi sebagai penyerap zat alergen (yang menyebabkan alergi) yang terkandung di dalam udang.