Mengenal Buah Abiu atau Sawo Australia

Mengenal Buah Abiu atau Sawo Australia

BIBLIOTIKA - Dibanding buah lain seperti nanas, salak, atau durian, buah abiu mungkin belum terlalu dikenal. Namun bukan berarti buah ini tidak bisa ditemukan di Indonesia. Meski keberadaannya masih relatif asing, namun sebagian orang Indonesia sudah cukup akrab dengannya, bahkan biasa menyebut abiu sebagai “sawo Australia”.

Abiu (Pouteria caimito) sebenarnya tidak menyerupai buah sawo, meski pohonnya memang memiliki karakter yang serupa dengan kerabat sawo-sawoan, yaitu berkayu, serta dapat tumbuh setinggi 15 meter. Buah abiu berbentuk lonjong sampai membulat, dengan ukurang panjang 6-12 cm, serta bobot 150-500 gram per buah.

Meski disebut sawo Australia, namun abiu sebenarnya tidak berasal dari Australia. Buah ini diketahui pertama kali tumbuh di wilayah Amazon, yang meliputi Brasil hingga Peru. Namun, karena Australia terkenal sebagai salah satu negara yang banyak membudidayakan buah ini, abiu pun terkenal dengan sebutan sawo Australia. Di Asutralia, buah ini banyak terdapat di wilayah North Queensland.

Pohon abiu dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis maupun subtropis, dan bisa adaptif dengan dataran rendah sampai dataran tinggi. Keistimewaan pohon abiu adalah cepat berbuah. Dalam waktu dua tahun sejak biji ditanam, pohon abiu akan mulai berbunga. Dua bulan kemudian, pohon itu mulai menghasilkan buah berwarna hijau, yang lalu berangsur menjadi kuning cerah saat matang.

Bagaimana rasa buah abiu? Daging buah abiu berwarna putih bening, dengan rasa khas manis yang segar. Sebagian orang menggambarkan rasa abiu serupa kelapa muda, meski ada pula yang menyetarakannya dengan gabungan susu dan karamel. Karena daging buah abiu lembek dan sedikit berair, orang biasa memakan buah ini dengan cara membelah buahnya secara melintang atau membujur, atau bisa pula dimakan dengan sendok. Masing-masing buah abiu biasanya memiliki 1-5 biji.

Selain enak dimakan langsung sebagai buah, abiu juga bisa diolah menjadi beragam makanan, atau dijadikan sebagai penambah rasa makanan. Selain itu, karena mengandung aneka vitamin, di antaranya A, B, dan C, serta kandungan serat yang tinggi, abiu juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.