Mengapa Ada Lubang Kaitan di Belakang Kemeja Pria?

 Mengapa Ada Lubang Kaitan di Belakang Kemeja Pria?

BIBLIOTIKA - Jika kita perhatikan, beberapa kemeja pria memiliki lubang berbentuk kaitan yang melingkar, terletak di tengah-tengah bagian belakang. Tepatnya di bawah kerah. Apa fungsi lubang kaitan itu?

Lubang kaitan pada kemeja pria disebut hang loop. Lubang itu memiliki sejarah yang cukup panjang, setidaknya dimulai pada abad ke-16. Di masa itu, hanger atau gantungan pakaian belum ditemukan. Karenanya, orang-orang, khususnya pria, agak kesulitan saat akan menggantung pakaiannya ketika berganti pakaian sebelum berolahraga.

Pada waktu itu, orang biasanya menggunakan paku di dinding atau benda semacamnya, untuk menggantungkan baju. Namun, menggantung baju pada paku sering merusak penampilan kerah kemeja. Dari situlah kemudian tercetus ide untuk menambahkan lubang kaitan di belakang kemeja pria yang ditujukan untuk memudahkan para pria menggantungkan baju mereka.

Sejak itu, hang loop pun mulai populer, dan kebanyakan kemeja yang dibuat pada masa itu dilengkapi dengan lubang kaitan tersebut. Karena fungsinya untuk menggantungkan kemeja, hang loop pun populer dengan nama locker loops.

Seiring berjalannya waktu, hanger atau gantungan pakaian mulai ditemukan, dan orang-orang mulai terbiasa menggantungkan pakaian—termasuk kemeja—ke hanger. Sejak itu, hang loop di belakang kemeja sudah tidak terlalu lagi dibutuhkan. Meski begitu, masih ada kemeja-kemeja yang tetap dilengkapi lubang kaitan atau hang loop di bagian belakang. Di masa kini, fungsinya tidak lagi ditujukan untuk menggantung kemeja, melainkan lebih sebagai pemanis atau aksesoris.