Marcel Herrmann Telles, Petualang Bisnis dari Brasil

  Marcel Herrmann Telles, Petualang Bisnis dari Brasil

BIBLIOTIKA - Marcel Herrmann Telles adalah kawan dekat Jorge Paulo Lemann yang telah kita kenal di artikel sebelumnya. Mereka berkawan karib sejak masa kuliah, kemudian merintis karir bersama-sama. Sehingga, bisa dibilang, perjalanan karir Marcel Herrmann Telles—khususnya yang paling berpengaruh dalam kesuksesannya—tidak jauh beda dengan perjalanan karir Jorge Paulo Lemann.

Marcel Herrmann Telles terlibat bersama ketika Jorge Paulo Lemann mendirikan perusahaan demi perusahaan, melakukan akuisisi demi akuisisi, meski tentu mereka juga memiliki beberapa perbedaan (dalam bisnis) yang tidak dilakukan bersama. Kenyataannya, jumlah kekayaan mereka cukup jauh berbeda, meski sama-sama menduduki daftar orang-orang terkaya di dunia. Jika Jorge Paulo Lemann memiliki kekayaan 25 miliar dollar, kekayaan Marcel Herrmann Telles “cuma” 13 miliar dollar.

Lahir di São Paulo, Brasil, pada 23 Februari 1950, Marcel Herrmann Telles kuliah di Federal University of Rio de Janeiro (Universitas Federal Rio de Janeiro). Lulus dari sana, dia melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar MBA dengan masuk Harvard University. Di Harvard itulah Marcel Herrmann Telles mengenal Jorge Paulo Lemann sebagai teman kuliah, hingga mereka akrab dan membangun kesuksesan bersama-sama.

Pada 1971, bersama Jorge Paulo Lemann dan Carlos Alberto Sicupira, Marcel Herrmann Telles bahu membahu membangun perusahaan perbankan bernama Banco Garantia. Upaya kerja sama ketiga orang itu berjalan hingga bertahun-tahun dalam tujuan membesarkan Banco Garantia. Hasilnya, pada 1990-an, Banco Garantia menjadi bank investasi paling terkenal di Brasil.

Seiring mengembangkan Banco Garantia bersama dua temannya, Marcel Herrmann Telles juga menjadi CEO di perusahaan Companhia Cervejaria Brahma (dari tahun 1989 hingga 1999), lalu menjadi CEO di perusahaan Companhia de Bebidas Das Americas (sejak tahun 1999).

Pada bulan Juli 1998, Banco Garantia dijual ke Credit Suisse First Boston, senilai 675 juta dollar, dan hasil penjualannya dibagi bertiga antara Marcel Herrmann Telles dan dua temannya. Dari situ, ketiga orang tadi meneruskan bisnisnya sendiri-sendiri, membangun beberapa perusahaan sendiri, meski mereka juga masih bekerja sama dalam membangun beberapa perusahaan lain. Yang jelas, kebersamaan Marcel Herrmann Telles bersama dua temannya tadi kembali terjadi pada awal tahun 2000-an, ketika mereka bersepakat membangun perusahaan bersama-sama lagi, hingga membawakan kesuksesan.

Pada 2004, Marcel Herrmann Telles dan Jorge Paulo Lemann serta Carlos Alberto Sicupira mendirikan perusahaan bernama 3G Capital, Inc., yang bergerak di bidang investasi. Seiring dengan itu, Marcel Herrmann Telles juga menjabat sebagai ketua dewan di Cervejarias Kaiser Brasil SA, dan menjadi direktur di beberapa perusahaan yang didirikannya sendiri, yaitu Quilmes Industri (Quinsa) SA, Editora Abril SA, dan Lojas Americanas SA.

Pada 2010, ketika 3G Capital mengakuisisi saham milik Burger King Holdings Inc., Marcel Herrmann Telles juga terpilih sebagai direktur perusahaan tersebut. Pada 2013, dia juga menjadi direktur di perusahaan HJ Heinz. Lalu, sejak 2015, dia (lagi-lagi) menjadi direktur di perusahaan The Kraft Heinz. Di luar perusahaan-perusahaan yang telah disebutkan, Marcel Herrmann Telles sebenarnya masih memiliki jabatan serupa di beberapa perusahaan lain, meski pengaruhnya tidak terlalu besar.

Selain aktif di dunia bisnis, Marcel Herrmann Telles juga aktif di dunia sosial. Dia mendirikan yayasan bernama Fundação Estudar, lembaga nonprofit yang memberikan berbagai layanan untuk orang-orang membutuhkan.