Makanan Berlemak Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Makanan Berlemak Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Pola makan yang buruk, khususnya konsumsi makanan berlemak, sudah lama dicurigai sebagai salah faktor yang ikut memicu munculnya kanker, termasuk kanker payudara.

Kenyataan itu akhirnya terungkap dalam penelitian yang dilakukan di Italia, bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan produk berlemak diketahui ikut meningkatkan risiko kanker payudara, hingga 28 persen. Makanan berlemak juga membuat wanita rentan mengalami kanker payudara yang ditandai dengan adanya gen HER2.

Sebelumnya, para ahli masih erat mengaitkan hormon estrogen dengan munculnya kanker payudara. Bahwa tingginya hormon estrogen pada tubuh wanita memiliki pengaruh dalam meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, dalam penelitian yang mempelajari data pada 10.000 pasien, para peneliti menemukan kaitan antara konsumsi lemak dengan kanker payudara.

Dr. Sabina Sieri, salah satu peneliti, menyatakan, “Studi berskala besar dan melibatkan responden wanita yang sangat heterogen ini mengindikasikan bahwa pola makan tinggi lemak meningkatkan risiko kanker payudara.”

Selain kanker payudara, berbagai studi lain menemukan kaitan antara pola makan tinggi lemak dengan kanker kolon dan perut. Di luar itu, pola makan tinggi lemak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol, dan hal itu menjadikan kanker lebih cepat tumbuh dan menyebar.