Interval Melahirkan Mempengaruhi Kanker Payudara

  Interval Melahirkan Mempengaruhi Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Jeda atau jarak waktu antar kelahiran anak diperkirakan memiliki pengaruh terhadap kanker payudara. Setidaknya, hal itulah yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Cancer.

Para peneliti membagi kelompok wanita yang diteliti tersebut berdasarkan mereka yang mengidap tipe kanker payudara spesifik, yang mengidap tumor lanjut, berusia di bawah 50 tahun, dan memiliki sedikitnya lima anak. Kemudian, para peneliti kembali membagi responden ke dalam kelompok-kelompok kecil, sehingga mungkin ditemukan hasil positif di salah satu sub kelompok.

Penelitian yang dilakukan di Finlandia itu memperlihatkan pengaruh interval kelahiran pada 29.488 wanita, dan ditemukan bahwa wanita dengan jarak melahirkan kurang dari 12 bulan memiliki risiko kanker lima kali lebih besar dibandingkan wanita yang memiliki jarak melahirkan tiga tahun ke atas.

Kenyataan peningkatan risiko itu diduga disebabkan oleh keterkaitan hormon, meski para peneliti masih memerlukan penelitian dan pengujian lebih lanjut untuk mengungkap sebab akibat selengkapnya.

Josephine Querido, peneliti dari Cancer Research, Inggris, menyatakan, “Hasil penelitian ini tidak serta merta mendiagnosis positif atau memberi vonis seorang wanita terkena kanker, tapi memperlihatkan risiko yang lebih tinggi. Karenanya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter, jika menemukan suatu perubahan yang tidak biasa pada payudara.”