Diet Mediterania Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Diet Mediterania Menurunkan Risiko Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Diet Mediterania adalah pola makan yang hanya mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Menyangkut diet Mediterania, ada penelitian yang menemukan bahwa menjalankan diet tersebut—dengan ditambah mengonsumsi minyak zaitun—dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Dalam penelitian ditemukan, wanita yang melakukan diet Mediterania memiliki risiko 62 persen lebih rendah untuk terkena kanker payudara.

Penelitian itu dipimpin oleh Dr. Miguel A Martinez-Gonzalez dari University of Navarra, Pamplona, Spanyol, dan melibatkan 4.282 wanita Spanyol berusia 60-80 tahun. Para wanita tersebut memiliki riwayat dibetes tipe 2, atau risiko terkena penyakit kardiovaskuler karena merokok, hipertensi, kelebihan berat badan, atau kolesterol yang tinggi.

Para responden wanita dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama menjalankan diet Mediterania dan diberi minyak zaitun, sementara kelompok kedua menjalankan diet Mediterania dan diberi tambahan kacang-kacangan. Setelah lima tahun (2003-2009), ditemukan 35 kasus kanker payudara dari kedua kelompok tersebut.

Setelah diteliti lebih jauh, wanita yang menjalankan diet Mediterania dengan tambahan minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara, dibanding wanita yang menjalankan diet Mediterania tanpa minyak zaitun. Dr. Miguel Martinez-Gonzalez menyatakan, bahwa hal itu terjadi karena minyak zaitun mengandung senyawa polifenol yang memiliki efek anti-kanker.

Jika Anda tertarik dengan diet Mediterania, Anda bisa memulai dengan mencari informasi mengenai daftar makanan yang direkomendasikan.