Alexei Mordashov, dari Miskin Jelata Menjadi Kaya-Raya

 Alexei Mordashov, dari Miskin Jelata Menjadi Kaya-Raya

BIBLIOTIKA - Alexei Mordashov lahir pada 26 September 1965 di Cherepovets, Vologda Oblast, Uni Soviet (sekarang Rusia). Dia tumbuh di era Glasnost Uni Soviet, dan menjalani hidup yang susah. Dia masih ingat bagaimana keluarganya dulu harus mendapat jatah kupon untuk mengambil makanan, dan hanya diizinkan mengambil 400 gram sosis dan 200 gram mentega setiap bulan. Namun, kehidupan yang susah itu pula yang mungkin telah menempanya dengan baik, hingga dia menjadi orang yang terkenal sukses saat usianya masih muda.

Saat ini, Alexei Mordashov menjadi pemegang saham utama sekaligus CEO Severstal Steel Mill, perusahaan besar Rusia yang bergerak di bidang logam, energi, dan pertambangan. Selain itu, Alexei Mordashov juga masuk dalam jajaran orang-orang paling kaya di dunia, dengan kekayaan mencapai 13 miliar dollar.

Kedua orang tua Alexei Mordashov bekerja sebagai buruh di pabrik. Meski begitu, mereka berhasil menguliahkan Alexei Mordashov di Leningrad Institut Teknik-Ekonomi (saat ini dikenal sebagai EngEcon). Lulus kuliah, pada 1988, Alexei Mordashov bekerja di perusahaan milik pemerintah, bernama Cherepovetskiy Metallurgical Plant, sebagai ekonom.

Pada awal 1990-an, Uni Soviet runtuh, dan perusahaan-perusahaan milik negara pun diprivatisasi, termasuk perusahaan tempat Alexei Mordashov bekerja. Saham-sahamnya dijual ke swasta, sehingga perusahaan bukan lagi milik negara. Pada waktu itu, posisi Alexei Mordashov telah menjadi direktur keuangan di perusahaan tempatnya bekerja. Alexei Mordashov melihat peluang, dan dia melakukan langkah cerdik.

Pada 1992, Alexei Mordashov mendirikan lembaga yang menghimpun dana investasi, dan menggunakan investasi yang berhasil dikumpulkannya untuk membeli saham perusahaan Cherepovetskiy Metallurgical Plant. Hasilnya, dia pun memiliki saham mayoritas di perusahaan tersebut, hingga diangkat menjadi direktur umum pada 1996. Setelah menjadi perusahaan swasta, nama perusahaan itu diubah menjadi Severstal Steel Mill.

Severstal Steel Mill kemudian tumbuh dan terus berkembang sebagai perusahaan swasta di Rusia. Alexei Mordashov memperluas cakupan bisnis perusahaan tersebut, dengan mengakuisisi perusahaan baja, batu bara, dan pertambangan. Kini, Severstal Steel Mill telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di Rusia. Pada 2001, dengan tujuan menambah pendidikan, Alexei Mordashov kembali kuliah untuk mendapatkan gelar MBA, dan dia masuk ke Northumbria University di Inggris, dan lulus pada 2001.

Lulus dari pendidikannya di Inggris, Alexei Mordashov kembali melakukan ekspansi untuk memperluas perusahaannya. Dia pun mengembangkan perusahannya ke bidang otomotif, kayu lapis, perbankan, dan asuransi. Pada 10 Oktober 2012, Alexei Mordashov terpilih sebagai Ketua Asosiasi Baja Dunia. Dia juga satu-satunya orang Rusia yang diketahui sebagai peserta dalam pertemuan Bilderberg Club at St. Moritz, Swiss (pertemuan eksklusif konglomerat-konglomerat tingkat atas dunia).

Alexei Mordashov menikah dengan wanita bernama Elena, dan punya dua anak bernama Kirill Mordashov dan Ilya Mordashov.