Yang Perlu Diperhatikan Saat Memeriksa Payudara Sendiri

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memeriksa Payudara Sendiri

BIBLIOTIKA - Memeriksa payudara sendiri (SADARI) bisa dilakukan pada waktu kapan pun, atau pada tanggal berapa pun. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Yang penting adalah rutin melakukannya. Karenanya, Anda bisa menetapkan suatu tanggal untuk melakukan SADARI yang mudah diingat, sehingga Anda bisa terus rutin melakukan SADARI.

Dalam melakukan SADARI, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan:
  1. Teraba benjolan.
  2. Penebalan kulit.
  3. Perubahan ukuran dan bentuk payudara.
  4. Pengerutan kulit.
  5. Keluar cairan dari puting susu padahal tidak sedang menyusui.
  6. Ada rasa nyeri pada payudara tanpa penyebab jelas.
  7. Pembengkakan lengan atas.
  8. Teraba benjolan di ketiak atau leher.

Jika menemukan kelainan-kelainan seperti tersebut di atas, atau terasa ada perubahan dibandingkan keadaan pada bulan sebelumnya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kemudian, yang juga perlu Anda pahami, ada beberapa faktor yang menjadi risiko terjadinya kanker payudara. Berikut ini di antaranya:
  1. Mendapat haid pertama pada umur kurang dari 10 tahun.
  2. Mengalami menopause setelah berumur 50 tahun.
  3. Tidak menikah.
  4. Tidak pernah melahirkan anak.
  5. Melahirkan anak pertama setelah umur 35 tahun.
  6. Tidak pernah menyusui anak.
  7. Pernah mengalami operasi payudara yang disebabkan oleh kelainan jinak atau tumor ganas payudara.
  8. Memiliki anggota keluarga yang menderita kanker.

Untuk itu, jika Anda kebetulan memiliki salah satu atau lebih dari faktor risiko yang tersebut di atas, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan payudara.

Ada beberapa upaya yang dipercaya dapat menurunkan risiko kanker payudara, seperti menghindari melakukan terapi penggantian hormon untuk jangka panjang, memiliki anak sebelum usia 30 tahun, menyusui, menghindari kelebihan berat badan dengan melakukan olahraga dan diet yang tepat, serta membatasi konsumsi alkohol.

Ada pula data yang menyebutkan bahwa vitamin A, C, dan E dapat melindungi dari kanker payudara, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut. Saat ini, yang paling penting untuk diingat dan dilakukan setiap wanita adalah menurunkan risiko kanker dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, baik melakukan SADARI di rumah maupun pemeriksaan skrining mammogram secara reguler melalui bantuan dokter.