Upaya Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Upaya Mengurangi Risiko Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Kasus kanker payudara di Amerika Serikat merupakan yang tertinggi di dunia, mencapai 112,6 per 100.000 orang. Sementara di Inggris, kanker payudara adalah jenis penyakit paling umum yang menyerang wanita. Setiap tahun, sekitar 47.000 wanita Inggris didiagnosis menderita penyakit ini, dan sekitar 341 orang pria juga mengalaminya.

Kenyataannya, angka kanker payudara diidentifikasi telah meningkat dari tahun ke tahun, di banyak negara. Hal itu dipengaruhi oleh faktor nutrisi dan gaya hidup, seperti konsumsi alkohol yang berlebihan, diet tinggi lemak, diet rendah serat, dan obesitas, yang semuanya diyakini memiliki peran dalam risiko kanker payudara.

Mariette Abrahams, seorang ahli gizi, menyatakan bahwa saat ini semakin tinggi permintaan mengenai cara mencegah kanker payudara dan perawatan sejak dini. Yang jadi masalah, kadang kasus kanker payudara memiliki latar belakang yang berbeda orang per orang. Karenanya, Mariette Abrahams mengatakan, “Di masa depan, kita mungkin bisa memberi saran diet yang lebih pribadi untuk individu yang telah mewarisi varian gen yang meningkatkan risiko mengembangkan kanker payudara.”

Meski begitu, sebagai upaya pencegahan dini, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Kontrol berat badan

Anda perlu melakukan latihan fisik secara teratur, untuk memastikan berat badan selalu terkontrol. Selain itu, pilihlah makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak, sehingga berat badan senantiasa bisa dikontrol.

Lebih banyak konsumsi vegetarian

Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serat, juga kacang-kacangan seperti kedelai, diketahui bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Anda bisa mencoba mengonsumsinya hingga 5 porsi per hari. Untuk tujuan itu, Anda bisa menghubungi ahli gizi untuk membantu cara sederhana memasukkan lebih banyak buah dan sayuran dalam diet Anda.

Turunkan asupan lemak jenuh

Usahakan untuk menghindari makanan dengan lemak jenuh, terutama produk hewani, dan gantilah dengan lemak baik yang bisa diperoleh dalam avokad, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan salmon.

Kurangi garam dan asupan gula

Sangat baik untuk mengurangi asupan garam dalam makanan Anda sehari-hari, begitu pula dengan asupan gula. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi kue, kue kering, juga biskuit, karena mengandung gula halus.

Perhatikan konsumsi alkohol 

Jika Anda tidak mengonsumsi alkohol, kebiasaan itu perlu diteruskan. Namun, jika Anda mengonsumsi alkohol, Anda perlu tahu bahwa wanita yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak, apalagi secara teratur, memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Untuk menurunkan risiko, direkomendasikan hanya mengonsumsi 2-3 unit per hari, atau 14 unit per minggu. Satu unit sama dengan setengah gelas standar minum anggur atau 175 ml.

Selain hal-hal di atas, faktor lain yang juga dapat mengurangi risiko kanker payudara di antaranya adalah menyusui, mengonsumsi vitamin D dalam jumlah cukup, dan tidak merokok.