Ukuran Ideal Payudara Wanita

 Ukuran Ideal Payudara Wanita

BIBLIOTIKA - Berapakah ukuran ideal payudara wanita? Mungkin ada banyak orang, pria maupun wanita, yang bertanya-tanya mengenai berapa atau seperti apa sebenarnya ukuran ideal payudara wanita. Penilaian umum biasanya mengaitkan payudara besar dengan faktor keseksian. Namun, sekali lagi, berapakah ukuran ideal payudara wanita?

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada hal ini, ditemukan bahwa ukuran ideal tinggi payudara sampai puting cukup 15 centimeter, berat sekitar 750 gram, dengan volume 350-500 cc, dan pilihan bra full B (34-36). Ukuran itu dianggap ideal, karena berbagai latar belakang, dari kesan keindahan sampai kebugaran fisik, serta kenyamanan pemiliknya.

Dalam hal payudara, mungkin ada banyak wanita yang merasa kurang puas dengan ukuran payudaranya. Di Amerika Serikat, misalnya, diketahui bahwa sebagian wanita merasa payudaranya terlalu mungil, dan hampir semua ingin memperbesarnya. Sebaliknya, sekitar 15 persen wanita di AS merasa payudaranya terlalu besar, dan berupaya memperkecil (breast-reduction).

J.S. Wiggins, psikolog dan konsultan seks, menyatakan bahwa ukuran, bentuk, tekstur, serta warna puting payudara, lebih pada soal selera siapa pria yang memandangnya. Dalam hal ini, dia membagi pria dalam tiga tipe, yang masing-masing memiliki kecenderungan berbeda.

Dalam perspektif J.S. Wiggins, ada pria bertipe breast-men, yaitu pria yang bernafsu pada payudara, namun ada pula pria yang lebih menyukai pantat wanita, ada juga pria yang lebih menyukai tungkai wanita. Kecenderungan pria terhadap bagian tubuh wanita umumnya dipengaruhi oleh kepribadian, bidang pekerjaan, dan bisa jadi pengalaman masa kecilnya.

Studi menyangkut hal ini mengungkapkan, bahwa pria moderat, introver, atau pria fundamentalis, umumnya lebih tertarik pada payudara mungil. Sementara pria ekstrover lebih menyukai payudara besar, juga mudah tertarik pada wanita berpantat besar.

Lebih dari itu, dalam naluri pria, yang menjadikan payudara menarik tidak hanya sebatas ukuran, melainkan juga bentuk, tekstur, hingga aroma kulit dan kehangatan visualnya. Struktur payudara yang tegak menantang, meski tidak terlalu besar, bagi sebagian pria jauh lebih memikat dibandingkan payudara besar namun kendur.

Mana lebih baik, payudara besar atau kecil?

Tentunya jawaban terbaik untuk pertanyaan itu berkaitan dengan kenyamanan. Wanita berpayudara kecil atau besar, selama mereka nyaman dengan ukuran payudaranya, tentu tidak masalah. Meski begitu, ada sebagian wanita yang cenderung tidak puas dengan ukuran payudaranya, dan berencana untuk memperbesarnya dengan operasi. Padahal, payudara besar tidak berarti bagus, khususnya bagi si pemilik.

Payudara berukuran besar diketahui menimbulkan cukup banyak masalah, dari munculnya rasa sakit kronis di punggung atas, leher, dan bahu. Payudara besar juga menjadikan postur tubuh cenderung buruk, dan sulit melakukan beberapa aktivitas olahraga.

Para ahli di Mayo Clinic pernah melakukan analisis terhadap 29 penelitian yang dilakukan pada lebih dari 4.000 wanita yang menjalani bedah mengecilkan payudara, dan analisis itu menemukan bahwa prosedur pengecilan payudara memiliki dampak positif bagi kesehatan, atau memperbaiki gejala fisik mereka. Dampak positif atau manfaat itu termasuk meredanya sakit kepala, sakit punggung, hingga rasa pegal di bahu akibat tekanan tali bra.