Tips Pintar Mengolah Bawang Merah dan Bawang Putih

Tips Pintar Mengolah Bawang Merah dan Bawang Putih

BIBLIOTIKA - Bawang merah dan bawang putih bisa dibilang digemari sekaligus dibenci. Dengan kedua bawang tersebut, hidangan menjadi bertambah gurih. Tetapi, ketika mengolahnya, banyak yang tidak tahan karena baunya yang menyengat, dan juga merepotkan. Setelah menyantapnya pun mulut jadi menebarkan bau yang kurang sedap.

Berikut ini adalah tip seputar pemilihan, pengolahan, dan cara mengatasi hal-hal kurang enak seperti yang disebutkan di atas, menyangkut bawang merah dan putih:

Sebaiknya, pilihlah bawang putih yang besar, utuh, dan kokoh. Kulitnya masih menempel ketat, dan bila dipegang tidak terasa lembek.

Agar Anda tidak mengeluarkan air mata selama mengolah bawang, potonglah bawang menjadi dua bagian, dan rendam di dalam air selama 10 menit. Atau simpan terlebih dulu di lemari pendingin sebelum mengirisnya.

Ketika menyuguhkan irisan bawang untuk sekadar hiasan ataupun bumbu, Anda bisa menggunakan tip berikut. Setelah diiris-iris, letakkan di dalam mangkuk, dan rendam dengan beberapa potong es, lalu biarkan selama 15 sampai 20 menit, atau bisa juga satu jam. Setelah itu keringkan, dan sajikan. Dengan cara ini, irisan bawang tersebut akan terasa lebih garing dan manis, meski dalam keadaan mentah.

Jika Anda menginginkan bawang goreng yang renyah dan garing, Anda bisa merendam bawang dalam sedikit susu terlebih dulu sebelum digoreng. Atau bisa pula direndam dalam tepung maizena.

Jika menginginkan bawang merah terlihat lebih kecokelatan, Anda bisa menambahkan ½ sendok makan garam ketika sedang menggorengnya.

Kalau Anda menggunakan bawang hanya setengah siung, Anda masih bisa menggunakan sisanya esok hari. Namun, sebaiknya oleskan mentega di bagian yang terbuka, hingga bawang tersebut tetap segar.

Jika tangan Anda dilekati aroma bawang yang menyengat, dan ingin menghilangkannya secara mudah, Anda bisa mencuci tangan Anda dengan pasta gigi sebagai pengganti sabun.

Setelah mengiris bawang putih, dan Anda merasakan tangan Anda beraroma bawang putih yang menyengat, Anda bisa menghilangkannya dengan cara berikut. Gosok jari-jari dan tangan Anda dalam mangkuk yang berisi sendok-sendok dari bahan besi tahan karat (stainless steel) yang diletakkan di bawah kucuran air kran. Kemudian cuci tangan dengan sabun. Besi mampu menetralisasi bau bawang putih.

Untuk menghilangkan bau bawang di mulut dengan cara mudah, kunyah saja biji kopi atau asam kandis. Dijamin baunya akan segera berubah.