Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Buah (2)

 Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Buah

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Buah 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Kiwi

Buah ini masak dengan baik secara keseluruhan, tetapi berproses secara perlahan, karenanya belilah kiwi seminggu sebelum Anda menggunakannya. Pilihlah buah kiwi yang gemuk dan padat, tetapi jangan diguncang terlalu kuat.

Nanas

Pilihlah buah nanas yang berwarna kuning cerah, yang tidak terlalu keras, dan beraroma manis. Selain itu, pilihlah yang gemuk dan berat, dengan pinggiran mata buah bercahaya mengkilat, serta jarak antar mata buah melebar, tepinya agak bundar, dan bentuknya mendatar.

Nanas yang matang memiliki aroma yang khas dan kuat. Jadi jangan memilih yang berbau asam, memar, bonyok, bercendawan, dan berair. Selain itu, hindari nanas yang warna kuningnya memudar, layu, atau terlihat kecokelatan, atau terlihat kering pada keseluruhan bagian.

Untuk dapat mempertahankan rasanya, sebaiknya jangan menunggu nanas terlalu matang untuk disantap.

Melon

Buah ini biasanya dijual dalam keadaan cukup keras pada bagian permukaannya. Namun, beberapa di antaranya mungkin sudah sangat masak, tapi sebagian lainnya belum sampai masak. Pada saat memilih, hindari melon yang bagian kulitnya terlihat lembek.

Pilihlah melon yang baunya harum dan memiliki banyak guratan yang tebal. Melon yang matang bijinya sudah lepas saat buah diguncang-guncang.

Sebaiknya, matangkan terlebih dulu buah melon selama beberapa hari di ruang bertemperatur.

Semangka

Untuk memilih semangka yang baik, ketukkan jari Anda pada buahnya. Kalau terdengar suara gema, maka itu tanda buah tersebut sangat baik. Putarlah semangka hingga Anda menemukan titik bekas tangkainya, dan lihatlah. Jika berwarna kekuningan, berarti semangka itu benar-benar matang. Jika berwarna putih, berarti belum matang.

Setelah dipotong, sisa buah semangka harus dimasukkan ke dalam kulkas, dan dapat dimakan dalam beberapa hari.

Pir

Buah ini layak dibeli ketika dalam keadaan masih keras. Tetapi jika Anda menaruhnya di dapur rumah Anda, pir akan matang dengan cepat. Saat terasa agak empuk waktu ditekan, itu pertanda waktunya Anda memindahkan buah ini ke lemari pendingin, atau disajikan.

Belimbing

Pilihlah belimbing yang mulus, berkilap, dan berwarna kuning terang, dengan bau harum serta segar. Hindari membeli belimbing yang kulitnya berwarna kuning mengkilat, tapi kelihatan layu dan terasa lembut jika dipijit. Belimbing seperti ini biasanya sudah terlalu lama disimpan.

Belimbing yang berwarna hijau dan rusuk-rusuknya kelihatan ramping adalah tanda belimbing yang masih muda. Sementara itu, belimbing yang memiliki noda kehitam-hitaman biasanya akan lebih cepat busuk.

Duku

Duku yang kulitnya tipis dan lembut, serta berwarna agak kehitam-hitaman, berarti sudah masak dan rasanya manis. Kalau kulitnya sudah berwarna cokelat dan agak berair, itu tanda kalau duku sudah busuk.

Mangga

Mangga yang tua terasa lembut. Untuk mengetahui apakah mangga telah masak, tekan-tekanlah dengan ujung jari. Pilihlah mangga yang baunya harum, ujung tangkainya berwarna kekuningan, dan kulitnya mulus serta kencang.

Pepaya

Pepaya yang matang, sebagian besar kulit buahnya berwarna hijau kekuningan, dan kulitnya lunak jika disentuh. Saat membeli pepaya, pilihlah yang bentuknya lurus dan panjang.