Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Buah (1)

 Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Buah

BIBLIOTIKA - Kalau Anda menggemari buah, dan Anda tinggal di pedesaan, maka mendapatkan buah segar bukan hal sulit. Bisa jadi Anda bahkan memiliki kebun buah sendiri, sehingga dapat selalu menikmati buah-buahan segar kapan pun Anda mau. Tetapi kalau Anda hidup di daerah perkotaan, maka supermarket atau toko buah menjadi sarana untuk mendapatkan buah yang Anda inginkan.

Supermarket atau toko-toko yang menyediakan buah biasanya memperoleh buah-buah tersebut dari tempat jauh—dikirim dari pedesaan, atau bahkan diimpor dari luar negeri. Meski sudah dijaga agar buah-buah tersebut tetap mulus sampai di tempat, tetapi tak menjamin buah-buahan itu tidak cacat.

Tidak semua buah dipanen setelah matang, namun bisa jadi lebih lunak, berair, dan tidak asam, serta getahnya berubah menjadi rasa manis, setelah buah tersebut dipetik. Karenanya sangat penting memilih buah dengan kualitas yang bagus saat berbelanja di toko buah.

Ada jenis buah-buahan yang tidak perlu dimatangkan di rumah, semisal jeruk, nanas, dan anggur. Buah-buah ini harus segera dimasukkan ke lemari pendingin atau akan membusuk. Sedang buah-buahan yang harus dimatangkan di rumah di antaranya adalah pir, pisang, kiwi, dan pepaya. Buah-buah jenis ini memancarkan gas ethylene yang berfungsi mempercepat proses kematangan.

Tempatkan buah jenis tersebut di kantong kertas, dan tutup bagian atasnya untuk membantu gas ethylene tidak menguap keluar, sehingga buah dapat matang lebih cepat. Pisang pada umumnya banyak menghasilkan gas ethylene, karenanya jika ditutup di dalam kantong kertas bersama buah-buahan lainnya akan mempercepat proses pematangan.

Untuk menghindari buah membusuk, periksalah secara teratur. Setelah masak atau matang, letakkan buah di tempat yang dingin dan lembap. Sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin, keluarkan dulu dari plastik, agar buah-buahan itu bisa leluasa bernapas.

Nah, berikut ini adalah tip dan panduan dalam memilih buah di supermarket atau di toko penyedia buah-buahan, serta cara menyimpannya, agar buah-buah kesukaan Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Jeruk

Buah ini memiliki penjagaan kualitas yang hebat, dan biasanya jeruk dipetik setelah matang. Pilihlah jeruk yang tidak lembek, berkulit mulus dan licin, dan terasa berat. Semakin jeruk terasa berat di tangan, artinya kandungan airnya semakin banyak. Warna kulit tidak menjamin kualitas rasanya. Buah yang berukuran kecil hingga sedang biasanya terasa lebih manis dibanding yang berukuran besar.

Jika jeruk disimpan di tempat yang sejuk, ia bisa bertahan hingga beberapa minggu.

Anggur

Buah ini dalam kondisi yang paling segar ketika masih terletak pada tangkainya. Karenanya, belilah anggur yang masih menempel pada tangkai yang berwarna hijau, dan hindari memilih anggur yang berkerut serta lembek, karena itu menandakan sudah hampir busuk.

Buah anggur dipetik dalam keadaan matang, jadi sebaiknya langsung masukkan ke dalam lemari pendingin setelah membeli, atau setelah beberapa saat.

Pisang

Seharusnya buah ini berwarna kuning atau hijau, tanpa ada noda kecokelatan. Pisang termasuk buah yang cepat matang, karenanya pilihlah yang masih setengah matang. Pilihlah pisang yang tampak terisi dengan tepi buahnya tidak bersudut, dan bagian batangnya tidak kering sekali.

Jika diinginkan, Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin setelah buah ini matang. Kulitnya mungkin akan berubah warna jadi kegelapan, tapi isi di dalamnya masih bagus, dan rasanya masih tetap enak.

Apel

Buah ini seharusnya keras jika ditekan, dan renyah saat digigit. Jika Anda dapat menekan permukaan buah dengan jari (terasa lembek saat ditekan), itu pertanda apel tersebut akan terasa mengecewakan saat dimakan. Apel yang lembek artinya sudah kurang segar lagi. Karenanya, kalau menemukan apel yang dibungkus kertas atau semacam busa, buka bungkusnya untuk memastikan kondisinya.

Pilihlah apel yang mulus tanpa cacat dan tidak lebam, serta permukaannya rata. Apel yang benar-benar baik akan berbunyi nyaring jika diketuk-ketuk dengan kuku.

Untuk penyimpanannya, apel mungkin hanya dapat bertahan selama beberapa minggu di lemari pendingin.

Baca lanjutannya: Tips Pintar Memilih dan Menyimpan Buah (2)