Tips Pintar Membuat Pizza dan Pasta

 Tips Pintar Membuat Pizza dan Pasta

BIBLIOTIKA - Pizza dan pasta dipercaya berasal dari Italia, dan kedua makanan ini sudah akrab di Indonesia. Konon, sebenarnya, pasta bukan berasal dari Italia, melainkan dari negeri Cina. Menurut sumber ini, Marco Polo membarter resep pizza pada seorang koki istana di kerajaan Cina pada abad ke-13, demi mendapatkan resep pembuatan pasta. Oleh bangsa Cina, barteran resep pizza itu kemudian dimodifikasi dan menghasilkan fuyunghai.

Jika Anda ingin membuat sendiri pizza dan pasta di rumah, ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan, agar hasilnya memuaskan.

Untuk pizza:

Ada dua jenis pizza yang kita kenal, yaitu yang berkulit tebal a la Amerika, dan yang berkulit tipis khas Italia. Untuk membuat kulitnya, Anda bisa menggunakan ragi instan atau ragi basah. Kalau menggunakan ragi instan, campurkan langsung pada terigu. Sementara jika menggunakan ragi basah, jangan menambahkan gula pada adonan.

Untuk variasi, Anda bisa menggunakan beragam bahan pangan untuk topping-nya. Mulai dari hanya saus tomat, daging sapi atau ayam cincang, daging sapi asap, jamur, sampai ikan.

Agar lebih nikmat, pizza sebaiknya dimakan selagi panas. Karenanya, jika membuat pizza dalam jumlah banyak, ada baiknya jangan terlalu lama dipanggang. Jadi masih tetap enak dan cantik jika dipanaskan berulang kali.

Untuk pasta:

Sebagai patokan standar, pasta kering sebanyak 50 sampai 75 gram, atau pasta basah sebanyak 225 gram, cukup untuk satu orang.

Agar tidak lengket ketika merebus pasta, tambahkan satu sendok makan minyak pada air rebusannya. Setelah itu diaduk menggunakan garpu.

Sebaiknya jangan menutup panci pada waktu merebus pasta, karena pasti akan meluap.

Untuk pasta kecil atau pasta tabung kecil, biasanya dihidangkan dengan saus lembut. Sedangkan pasta lempengan biasanya disajikan dengan saus kental.

Agar saus lebih lembut dan berkilat, kocoklah sebentar dengan menggunakan mixer.

Agar tidak terbentuk lapisan tipis pada saus, tutuplah saus itu dengan menggunakan plastik tipis, atau letakkan kertas minyak basah pada permukaan saus.

Agar saus tidak mudah gosong, buatlah saus itu di panci antilengket.