Tips Pintar dan Praktis Memasak di Rumah

 Tips Pintar dan Praktis Memasak di Rumah

BIBLIOTIKA - Banyak orang yang enggan berkreasi di dapur karena waktu yang dibutuhkan cukup panjang, padahal biasanya yang diolah hanya dua jenis hidangan. Karenanya, mereka pun memilih cara yang lebih cepat, yaitu mencari makanan siap santap.

Sebenarnya, ada cara tertentu yang bisa digunakan sehingga kita bisa mengolah masakan dengan cepat. Biasanya, banyak waktu yang tersita untuk mengupas dan memotong bahan-bahan olahan tersebut. Padahal, untuk mengolahnya di atas api hanya memerlukan waktu beberapa menit.

Nah, untuk mempercepat waktu persiapan sebelum memasak, cobalah tip berikut ini:

Di pasar-pasar swalayan, biasanya tersedia bahan-bahan untuk salad. Kalau Anda membutuhkan bahan serupa, Anda bisa membeli bahan-bahan yang telah dipotong. Sehingga di rumah Anda tidak perlu waktu khusus untuk mengirisnya.

Membeli bahan-bahan yang telah diiris juga bisa dengan membeli bahan-bahan olahan yang telah dipaket, yang biasanya tersedia di pasar swalayan. Misalnya untuk membuat sup, capcay, soto ayam, dan lain-lain.

Pada waktu membeli daging sapi ataupun ayam, mintalah pada pedagangnya untuk memotong-motong hingga sesuai yang Anda butuhkan. Bila membeli di pasar swalayan, pilih yang telah dipotong-potong.

Bila hendak mengolah masakan dengan udang, lebih baik memilih yang telah dibersihkan. Tapi jangan membeli yang telah direbus, karena bila dimasak dan dihangatkan lagi akan terjadi perubahan rasa. Tepatnya, akan menjadi agak kenyal sepeti karet.

Jika harus mengupas bahan-bahan olahan tersebut di rumah, pilih yang ukurannya besar. Misalnya, untuk kentang yang memiliki dua jenis ukuran kecil dan besar, pilihlah yang besar saja. Karena, untuk mengupas tiga kentang kecil akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan satu kentang ukuran besar.

Bila membutuhkan irisan bawang atau jenis bahan lain dalam jumlah banyak, untuk mempercepatnya bisa menggunakan mesin pengiris yang banyak disediakan di pasaran. Dijamin irisan akan rapi dan cepat.