Tips Padu Padan Antara Bra dan Payudara

 Tips Padu Padan Antara Bra dan Payudara

BIBLIOTIKA - Bagi wanita, hal penting yang ada di balik busana yang dikenakan adalah penyangga dada atau bra. Begitu besar peranan pakaian dalam tersebut, hingga semua wanita—yang mulai beranjak remaja, dewasa, sampai wanita berumur—selalu memakainya.

Dapat dimengerti kalau pemakaian bra memiliki pengaruh besar dalam hal kepercayaan diri seorang wanita, sekaligus dapat membantu membentuk keindahan dan perkembangan payudara. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memadupadankan payudara dengan bentuk bra yang sebaiknya Anda gunakan:

Baju yang memiliki leher tinggi tidak akan menolong dalam menyembunyikan payudara yang turun, bahkan sebaiknya Anda mengenakan busana dengan kerah yang terbuka atau yang berleher rendah saja. Selain itu, gunakanlah bra dengan penyangga yang kuat.

Apabila Anda mengenakan bra tanpa jahitan di balik baju ketat atau kaus, pastikan puting payudara terletak tepat di tengah-tengah cup bra yang Anda gunakan.

Payudara berukuran besar dapat dikamuflase dengan cara mengenakan busana berpotongan leher agak tinggi, dan mengenakan bra yang memiliki cup sedikit lebih besar, sehingga akan tampak elegan dibandingkan memakai bra yang terkesan “mengangkat”.

Anda yang kebetulan memiliki payudara besar dapat mengimbanginya dengan busana yang menggunakan bantalan bahu, untuk mendapatkan proporsi yang seimbang.

Tali bra biasanya dapat diatur panjang-pendeknya, untuk itu jangan mengenakan begitu saja sebagaimana ukuran saat Anda membelinya. Tidak seharusnya tali tersebut “menggigit”, bahkan untuk payudara yang besar sekali pun. Penyanggaan seharusnya datang dari cup yang tepat dan ukuran yang cocok.

Bawalah baju strapless atau kemben sewaktu Anda membeli bra tanpa tali, agar tidak salah beli. Karena bra model strapless harus memiliki daya topang yang baik. Pastikan ada karet “pemegang” pada sekeliling tepi bra, untuk memberikan pegangan yang kencang.

Jangan tinggalkan bra sewaktu melakukan senam atau berolahraga yang menggunakan aktivitas melompat-lompat. Bra khusus untuk olahraga akan mencegah rasa sakit pada waktu melompat.

Jenis dan model bra 

Model atau bentuk bra yang beraneka ragam memang dirancang untuk berbagai kepentingan, selain juga untuk berbagai bentuk dan ukuran payudara. Misalnya, beberapa model bra berikut ini.

Underwier bra

Underwier bra adalah bra dengan kawat penyangga. Bra model ini membantu memperindah penampilan payudara Anda. Bra jenis ini juga merupakan bra yang tepat bagi payudara yang penuh atau berukuran besar, karena memberi daya topang ekstra yang nyaman. Dengan kata lain, payudara tidak akan jatuh.

Sport bra 

Sport bra atau bra model sporty biasanya tanpa jahitan, dan talinya dirancang sedemikian rupa, agar tidak goyah apabila pemakainya bergerak. Selain itu, bra model ini mampu menyangga payudara dengan sempurna.

Soft cup bra 

Soft cup bra adalah bra bermangkuk lembut. Bra model ini biasanya dilapisi fiberfill atau polyurethane. Model bra ini membantu bentuk dan mengisi payudara yang berukuran relatif kecil. Ideal untuk wanita yang memiliki payudara ukuran sedang atau rata-rata.

Stretch bra 

Stretch bra adalah bra model lentur. Bra model ini menghasilkan bentuk alami, karena dapat lentur atau mulur mengikuti bentuk payudara pemakainya. Biasanya, bra model ini tersedia dalam bentuk all size.