Cara Mudah Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

 Tips Mudah Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

BIBLIOTIKA - Setelah memakan cabai atau sambal, mulut biasanya akan terasa panas atau malah sampai terasa terbakar karena pedas. Rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai, disebabkan suatu zat dalam cabai yang disebut capsaicin. Untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pedas dengan cepat, Anda bisa menggunakan tip berikut.

Cara terbaik untuk mengusir rasa pedas yang membakar adalah mengkonsumsi berbagai produk susu, misalnya yoghurt, es krim, atau cokelat. Hal ini karena casein dalam susu akan melarutkan capsaicin sehingga rasa pedas di mulut akan berangsur berkurang.

Cara lain yang juga cukup ampuh adalah segera mengunyah makanan yang mengandung zat tepung, seperti sekepal nasi atau sepotong roti tawar. Bahan makanan jenis ini bisa segera menetralisir alkaloid alamiah pada capsaicin, sehingga rasa pedas yang dirasakan segera berkurang.

Yang kebanyakan belum diketahui orang adalah bahwa minum segelas air tidak banyak membantu menghilangkan rasa panas di mulut, apalagi air panas atau hangat, dan minuman ringan bersoda atau softdrink. Seperti juga minyak, capsaicin dalam cabai tidak larut dalam air, sehinga minum segelas air untuk mengatasi rasa pedas malah akan memperluas wilayah yang terasa pedas.

Selain itu, kalau Anda ingin masakan yang Anda buat tidak terlalu pedas, buanglah urat putih yang melekat pada cabai, karena capsaicin si biang pedas itu tersimpan di urat putih tersebut, beserta biji-bijinya.

Tips menghilangkan cegukan 

Cegukan bisa dialami setiap orang dengan berbagai penyebab. Pada umumnya, cegukan terjadi ketika kita makan nasi yang kering tanpa kuah, atau tanpa minum sebelumnya. Biasanya, orang menghilangkan cegukan dengan cara minum air secukupnya sampai cegukan hilang. Tetapi cara ini tidak menjamin cegukan benar-benar hilang, karena beberapa saat kemudian cegukan bisa muncul kembali.

Untuk menghilangkan cegukan dengan lebih baik adalah dengan menahan napas dalam-dalam. Tahan, kemudian ulangi lagi. Dengan cara ini, cegukan akan hilang, dan tidak akan datang lagi.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menghilangkan cegukan dengan memanfaatkan daun mint. Selain bisa memberikan kesegaran dan aroma pada minuman, kue, atau masakan, daun mint juga bisa digunakan untuk mengatasi cegukan.

Caranya mudah. Kunyah saja dua atau tiga helai daun mint, biarkan sebentar di dalam mulut, lalu minumlah air hangat. Nah, cegukan Anda pun sekarang hilang.