Tips Merawat Perabot Dapur Berbahan Alumunium

 Tips Merawat Perabot Dapur Berbahan Alumunium

BIBLIOTIKA - Peralatan dapur saat ini bermacam-macam, dengan aneka bahan yang berbeda; kayu, plastik, alumunium, stainless steel, hingga piranti antilengket. Beragam jenis peralatan dapur dengan berbagai bahan pembuatannya itu memerlukan perlakuan sekaligus perawatan yang berbeda.

Biasanya, yang menjadi penyebab rusaknya peralatan dapur adalah karena terlalu sering dipakai, tidak pernah dipakai, atau karena perawatannya yang kurang tepat. Nah, tip berikut ini ditujukan untuk perawatan serta pembersihan perabot dapur yang terbuat dari bahan alumunium, yang akan membantu menjadikan perabot Anda awet digunakan.

Ketika Anda membeli perabot dapur berbahan alumunium, semisal wajan, pengukus, atau panci, biasanya perabotan itu akan lengket ketika digunakan—karena masih baru. Untuk menghindarkan hal tersebut, rebuslah air yang sudah ditambahkan sedikit cuka di dalam peralatan baru tersebut, hingga airnya mendidih. Setelah itu Anda mulai bisa menggunakan peralatan tersebut untuk memasak, dan tidak perlu khawatir lengket lagi.

Untuk membersihkan peralatan alumunium yang menghitam dan berkarat, Anda bisa mencampurkan 1 liter air dengan ditambah 1 sendoh teh krim tartar, kemudian rebus selama 10 menit pada peralatan tersebut. Setelah itu gosoklah dengan spon hingga bersih, selagi air rebusannya masih hangat.

Kemudian, untuk menghilangkan bau amis atau anyir yang masih melekat pada peralatan alumunium, Anda bisa menggunakan beberapa tetes air jeruk nipis atau lemon, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu dicuci bersih dengan menggunakan sabun cuci dan spon.

Khusus peralatan semacam loyang, cetakan kue, atau wadah lainnya yang tidak terkena api secara langsung, keringkanlah di bawah terik matahari setelah dicuci, atau dipanaskan di dalam oven selama 2 menit setelah dicuci. Atau, bisa pula dikeringkan dengan menggunakan lap bersih. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan noda atau flek yang akan merusak penampilan peralatan tersebut.

Terakhir, agar oven konvensional tahan lama, selalu bersihkanlah seluruh bagiannya, mulai dari kaca, rak, hingga bagian bawah oven yang langsung terkena api.