Tips Mengusir Tikus, Semut, Nyamuk, Lalat, dan Rayap, dari Rumah

 Tips Mengusir Tikus, Semut, Nyamuk, Lalat, dan Rayap, dari Rumah

BIBLIOTIKA - Rumah Anda banyak tikus? Tikus-tikus yang berkeliaran di rumah memang cukup menjengkelkan, entah di loteng atau di dapur. Mereka juga sering menggerogoti kabel listrik, atau barang-barang lain. Kadang orang mengatasi tikus di rumah dengan memasang perangkap tikus atau racun. Tapi cara ini kurang efektif, karena kita direpotkan dengan bangkainya. Jika Anda ingin tip mengusir tikus dari rumah Anda dengan gampang, silakan gunakan tip berikut.

Letakkanlah beberapa kulit durian dalam posisi telungkup, di tempat-tempat atau sudut-sudut yang biasa dilewati tikus. Bisa pula diletakkan di atas langit-langit rumah. Dengan cara yang mudah ini, tikus-tikus tidak akan berkeliaran lagi di rumah Anda.

Tips mudah mengusir semut 

Meski paling sering semut mendatangi gula atau makanan-makanan yang manis, tetapi tidak berarti semut akan menghilang dari tempat lainnya. Tidak jarang binatang kecil yang biasa berombongan ini “keluyuran’ di tempat-tempat yang sama sekali tak terdapat barang manis, misalnya di dinding, di lantai, atau di tempat lainnya.

Jika Anda merasa terganggu dengan semut-semut tersebut, karena menjadikan lantai atau tempat lain jadi kotor, gunakan saja balsam untuk mengusirnya. Caranya, oleskan balsam di tempat semut-semut biasa jalan-jalan. Dengan cara ini, semut-semut itu pun akan pergi dan menghilang dengan sendirinya.

Tips mudah mengusir nyamuk 

Nyamuk adalah binatang tak diundang yang selalu muncul di rumah siapa pun. Selain mengganggu, nyamuk juga kadang membawa penyakit. Karenanya, kita pun menggunakan obat antinyamuk, bakar ataupun semprot, atau lotion antinyamuk, untuk menghindarinya. Namun, ada kalanya orang tidak cocok dengan antinyamuk yang banyak disediakan di pasaran seperti di atas.

Obat nyamuk bakar menimbulkan asap, obat nyamuk semprot memunculkan aroma yang kadang membuat kita tidak nyaman, sedang lotion antinyamuk kadang tidak cocok dengan kulit kita. Bagaimana mengatasi hal semacam ini?

Gunakan saja kulit nanas. Jadi, kalau Anda memakan nanas, jangan buang kulitnya. Masukkan kulit nanas itu ke dalam ember kecil yang sudah diisi air. Kemudian letakkan ember berisi air dan kulit nanas tersebut di tempat yang biasa banyak nyamuk, semisal di pojok kamar atau di sudut rumah. Dengan cara mudah dan aman ini, nyamuk-nyamuk pun akan menyingkir.

Selain menggunakan kulit nanas, Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk (jeruk apa saja) untuk mengusir nyamuk dari rumah, agar aktivitas malam dan tidur Anda tidak terganggu lagi.

Caranya, kupaslah jeruk dengan memotongnya secara melingkar. Kemudian jemurlah kulit jeruk itu sampai kering. Untuk menggunakannya, bakarlah ujung kulit jeruk, dan letakkan di tempat-tempat yang banyak nyamuk.

Tips mudah mengusir lalat

Selain nyamuk dan semut, lalat juga merupakan binatang kecil menjengkelkan yang sering muncul di rumah kita. Biasanya, lalat-lalat tersebut mengerubungi masakan atau makanan di dapur dan meja makan. Yang jadi masalah, lalat-lalat ini kadang tidak hanya mengganggu, tetapi juga membawa bibit penyakit.

Untuk mengatasinya, gunakan tip berikut agar lalat-lalat itu segera pergi dari rumah Anda.

Irislah daun pandan menjadi empat atau lima bagian, kemudian taruh dalam mangkuk. Lalu letakkan mangkuk tersebut di dapur atau di ruang makan yang banyak lalatnya. Dengan cara ini, lalat-lalat pun segera menyingkir dari rumah Anda.

Tips mudah mengusir rayap 

Rayap sering menyerang buku, pakaian, atau bahkan kayu yang menjadi rak buku atau lemari pakaian. Kehadiran rayap ini tentu saja mengganggu, karena buku atau pakaian dapat menjadi rusak, dan rak atau lemari bisa keropos karena digerogoti.

Untuk mengusir rayap, ada cara mudah yang dapat Anda lakukan. Bungkuslah segenggam merica dalam sebuah plastik kecil, lalu letakkan di tempat-tempat yang ingin dijauhkan dari rayap—misalnya di antara deretan buku di rak, atau di sudut lemari pakaian Anda.

Dengan cara ini, rayap tidak akan mendekat, dan barang-barang kesayangan Anda akan terbebas dari gangguannya.