Tips Mengolah Daun Singkong dan Daun Pepaya

Tips Mengolah Daun Singkong dan Daun Pepaya

BIBLIOTIKA - Sayur atau masakan daun singkong sangat baik dikonsumsi. Selain lezat, daun singkong juga mengandung banyak serat, gizi, dan vitamin. Hanya saja, memasak daun singkong kadang susah-susah gampang, dan seringnya masakan daun singkong yang kita buat terlihat kaku serta berbau tidak sedap.

Untuk menghasilkan masakan daun singkong yang benar-benar bagus dan lezat, silakan gunakan tip berikut.

Siapkan daun singkong yang akan dimasak, buang tangkainya, lalu iris kecil-kecil. Cucilah hingga bersih, kemudian direbus. Beri sedikit garam pada rebusannya, dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan cucilah beberapa kali dengan air bersih. Sambil diremas-remas, tiriskan sampai kering. Nah, sekarang daun singkong siap dimasak sesuai selera.

Tips merebus daun singkong 

Jika daun singkong Anda akan dimasak dengan cara direbus, Anda bisa menggunakan tip berikut agar rebusan daun singkong Anda tetap segar, lezat, dan memuaskan saat disantap.

Rebuslah air sebanyak setengah liter dalam panci, sehingga daun singkong cukup bisa terdendam, kemudian masukkan garam dapur sebanyak 1 sendok teh. Setelah mendidih, masukkan daun singkong yang telah dicuci bersih, dan biarkan panci tertutup. Balik-baliklah daun singkong agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Nah, rebusan daun singkong Anda terlihat segar dan berwarna hijau, serta lezat untuk disantap.

Tips agar daun pepaya tidak pahit 

Banyak orang yang suka menjadikan daun pepaya sebagai lalapan. Hanya saja, jika tidak diolah secara benar, daun pepaya yang seharusnya lezat itu malah terasa pahit. Bagaimana cara agar daun pepaya tidak pahit? Silakan gunakan tip berikut.

Rebuslah daun pepaya bersama daun singkong, dengan perbandingan satu banding satu (jika daun pepayanya seperempat kilo, begitu pula daun singkongnya). Setelah itu, Anda pun bisa menikmati lalapan daun pepaya tanpa khawatir merasakan pahit lagi.

Selain menggunakan daun singkong, Anda juga bisa menghilangkan rasa pahit daun pepaya dengan menggunakan daun jambu biji. Caranya sama seperti di atas.

Selain tips di atas, ada cara lain yang juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Setelah daun pepaya dicuci, potong-potonglah kemudian diremas-remas dan biarkan layu. Setelah layu, cuci lagi, peras, dan biarkan airnya menetes sampai tuntas. Pada waktu akan merebusnya, biarkan air sampai mendidih terlebih dulu, baru setelah itu daun pepaya dimasukkan ke dalamnya. Dengan cara begitu, daun pepaya tidak akan pahit lagi.