Tips Menghilangkan Bau Amis Ikan

Tips Menghilangkan Bau Amis Ikan

BIBLIOTIKA - Saat akan memasak ikan, entah digoreng atau dibakar, kita kadang merasa risih dengan bau amis ikan yang menyengat. Jika Anda juga mengalami hal semacam itu, Anda bisa menggunakan tip berikut untuk mengatasinya.

Setelah ikan dipotong kepalanya, dan diambil kotorannya di bagian depan, belah dan lihatlah bagian depan yang berdekatan dengan tempat kotoran ikan tersebut (letaknya di bagian bawah kepala). Di situ ada semacam garis berwarna hitam—itulah sumber amis ikan. Nah, bersihkan garis hitam itu dengan tisu dapur yang kering.

Setelah itu, cucilah ikan sampai ke bagian dalamnya, terutama bagian garis hitamnya tadi, dengan menggunakan air yang telah dicampur garam (dengan kadar garam 30 persen). Kemudian keringkan ikan dengan tisu dapur sampai kering.

Sebelum memotong-motong ikan dengan pisau, cucilah pisau dengan menggunakan air garam di atas. Setelah itu potong-potonglah sesuai selera Anda.

Seusai dipotong-potong, taburi potongan ikan tersebut dengan garam di kedua sisinya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, maka minyak ikan tersebut akan keluar. Minyak tersebut juga merupakan sumber amis ikan. Bersihkan dengan tisu dapur, atau olesi dengan air jeruk nipis.

Nah, setelah itu, Anda bisa mulai membumbui ikan Anda untuk memasaknya sesuai selera. Sekarang bau amis ikan tidak akan jadi masalah lagi.

Tips menghilangkan rasa asin pada ikan asin

Kalau Anda suka menikmati ikan asin, tetapi cukup terganggu dengan rasa asinnya yang terkadang sangat menyengat, Anda bisa gunakan tip berikut ini untuk menghilangkannya.

Siapkan sejumlah air, masukkan segenggam garam dapur ke dalamnya, aduk sampai merata, lalu masukkan sejumlah ikan asin yang akan dimasak. Larutan garam tersebut berfungsi untuk menteralkan garam yang terkandung dalam tubuh ikan.

Setelah itu diamkan selama sekitar 2 jam, kemudian cuci ikan-ikan tadi dengan air biasa beberapa kali, tiriskan, lalu gorenglah. Nah, ikan asin itu kini lebih gurih dan tidak terlalu asin lagi.