Tips Menghasilkan Kopi yang Nikmat

 Tips Menghasilkan Kopi yang Nikmat

BIBLIOTIKA - Banyak orang yang menyukai kopi, biasanya dijadikan “minuman penghangat” di pagi hari. Kadang-kadang pula kopi dijadikan sarana untuk mengusir rasa kantuk ketika harus bekerja lembur.

Bagaimana membuat kopi yang nikmat, atau temperatur berapa yang terbaik untuk mendapatkan kopi yang enak?

Menurut studi kimia, temperatur terbaik saat menyeduh kopi adalah antara 95 sampai 98 derajat Celcius. Air yang lebih dingin tidak cukup untuk membuat ekstraksi kafein atau minyak esensial dari bubuk kopi. Sementara suhu yang lebih panas akan meningkatkan keasaman kopi dengan cepat.

Bagaimana menghasilkan secangkir kopi yang berkualitas? Kualitas kopi tergantung pada beberapa faktor. Di antaranya, waktu penggilingan, penyangraian, kebersihan alat ketika menyeduh kopi, kualitas biji kopi, serta kualitas air. Jadi, pilihlah kopi bubuk yang baru digiling, atau masih lama dari tanggal kadaluwarsa. Minuman kopi mengandung 99 persen air. Karenanya, lebih baik membuat kopi dengan air yang berkualitas baik.

Selain itu, aroma kopi akan segera hilang 15 sampai 20 menit setelah diseduh. Jadi lebih baik sesegera mungkin diminum. Jika ingin membuat kopi dalam jumlah banyak, simpan sisanya dalam termos. Jangan pernah memanaskan kembali kopi, karena hal itu akan menghilangkan aromanya.

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah cara penyimpanan bubuk kopi. Sebab penyimpanan yang tidak baik akan menghilangkan aroma kopi. Cara terbaik adalah menyimpan kopi dalam wadah tertutup rapat di tempat yang sejuk dan kering. Hindari menyimpan kopi bersama bahan makanan lain yang mudah menyerap bau, karena aromanya sangat tajam.