Tips Mencairkan Cokelat Kue dengan Sempurna

 Tips Mencairkan Cokelat Kue dengan Sempurna

BIBLIOTIKA - Cokelat merupakan bahan untuk berbagai jenis kue, bahkan tergolong yang disukai untuk dipadukan dalam bermacam-macam sajian. Cokelat memang menjadikan kue olahan menjadi lebih lezat rasanya, dan banyak orang yang menyukainya.

Jenis cokelat cukup beragam, terutama ditunjukkan oleh kandungan lemaknya yang berbeda. Hal ini menyebabkan aturan pengolahan yang berbeda pula dalam pencairannya.

Kalau sewaktu-waktu Anda ingin membuat permen atau kue cokelat di rumah, ada berbagai cara untuk mencairkannya. Selain cokelat batangan, yang diperlukan tentu saja penggorengan, mangkuk yang terbaik dari bahan baja atau logam lain, termometer, dan spatula dari karet.

Berikut tip yang bisa Anda ikuti dalam mencairkan cokelat:

Isilah sepertiga bagian penggorengan dengan air dan panaskan hingga hampir mendidih, tapi jangan sampai benar-benar mendidih.

Ambil cokelat batangan yang telah disiapkan. Jika ukurannya cukup besar, potong-potonglah dalam bagian-bagian yang kecil.

Tempatkan dua pertiga dari cokelat dalam mangkuk, dan letakkan di atas penggorengan. Jangan sampai air bersentuhan dengan bagian dasar dari mangkuk. Cokelat secara perlahan akan mencair. Biakan proses pencairan, jangan diganggu dengan cara diaduk atau langkah lainnya. Putarlah cairan dengan spatula di akhir prosesnya. Ini akan membuat cokelat yang dicairkan bercampur secara sempurna.

Selama cokelat mencair, perhatikan temperaturnya. Temperatur bagi setiap cokelat, meski berbeda jenis, seharusnya tidak lebih dari 115 derajat Fahrenheit. Ketika cokelat telah mencair, segera pindahkan mangkuk dari atas penggorengan. Gunakan lap dari handuk untuk menghilangkan embun yang ada di bagian bawah mangkuk. Hal ini akan mencegah air masuk ke dalam mangkuk. Bila air sampai masuk, akan kelihatan terpisah dari cokelat dan dapat menghancurkan gumpalan cokelat tersebut.

Letakkan mangkuk di atas meja, dan tambahkan sepertiga cokelat batangan yang tersisa ke dalamnya. Aduk hingga cokelat mencair seluruhnya. Bila diinginkan, bisa tambahkan sepertiga bagian lagi dan ulangi seperti proses sebelumnya. Gunakan spatula hingga seluruhnya mencair. Perhatikan terus temperatur ketika Anda mencampurnya. Seharusnya suhu berada di sekitar 100 derajat Fahrenheit, kemudian akan turun mendekati 90 derajat.

Apabila pada tahap terakhir cokelat tambahan tidak bisa mencair, tempatkan mangkuk di atas air panas selama beberapa detik dan diaduk. Lalu pindahkan dan lap embun di bagian bawah mangkuk. Setelah dicairkan, cokelat pun siap untuk dibuat kreasi sesuai selera Anda.