Tips Memilih dan Merawat Talenan

Tips Memilih dan Merawat Talenan

BIBLIOTIKA - Setelah digunakan untuk merajang atau memotong bahan makanan, tidak jarang talenan jadi bau, meskipun sudah dicuci berkali-kali. Ternyata, dalam memilih dan merawat talenan, ada beberapa tip yang perlu diperhatikan:

Sebaiknya, gunakan talenan yang terbuat dari kayu. Hal ini bisa berfungsi mencegah pisau yang dipakai agar tidak cepat tumpul. Jangan menggunakan talenan plastik, karena irisan pisau dapat membuat talenan tersebut terkelupas, dan serpihan-serpiahannya terbawa ke dalam makanan.

Sebaiknya Anda memiliki dua talenan di rumah. Satu untuk sayuran, buah-buahan atau bumbu dapur (bahan yang tidak amis), dan satunya lagi untuk ikan, daging, atau bahan lain yang amis.

Untuk merawat agar talenan kayu bisa lebih tahan lama dan bebas dari sisa potongan sayur atau daging, Anda dapat mengolesi talenan dengan beberapa tetes minyak. Sesudah Anda mencuci talenan dengan air sabun panas, Anda dapat membilasnya dengan obat pemutih klorin, kemudian bilas lagi dengan air bersih.

Untuk membersihkan talenan dari bakteri (yang menyusup di tengah bekas sayatan pisau), Anda dapat menggunakan air garam yang disiramkan pada talenan.


Tips menghilangkan bau pada talenan

Talenan atau papan yang biasa digunakan untuk memotong daging dan lainnya, kadang-kadang menimbulkan bau anyir karena digunakan untuk memotong daging atau ikan yang berbau menyengat.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan hal itu, Anda bisa menghilangkan bau tidak sedap itu dengan menggunakan jeruk nipis. Ambil satu buah jeruk nipis, belah menjadi dua bagian, lalu sapukan pada permukaan talenan tersebut. Nah, bau tidak sedap yang hinggap di sana pun segera sirna.