Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur

 Tips Memilih dan Merawat Pisau Dapur

BIBLIOTIKA - Pisau dapur memiliki aneka macam bentuk, serta kegunaannya masing-masing. Karena beragamnya pilihan, kita pun kadang bingung memilih mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan kita, dan mana yang paling nyaman digunakan. Berikut ini tip yang bisa Anda ingat dalam memilih pisau untuk dapur Anda.

Pilihlah pisau yang bilahnya terbuat dari bahan karbon atau stainless steel. Kandungan karbonnya membuat mata pisau tetap tajam, sedangkan bahan stainless steel tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan. Sebaiknya, jangan memilih pisau yang mengandung baja, karena kandungan baja hanya akan membuat pisau mudah berkarat.

Apa pun jenis pisau yang Anda beli, pastikan dibubuhi tanda aman digunakan untuk semua jenis bahan makanan.

Nah, untuk mengenali jenis-jenis pisau dan masing-masing kegunaannya, berikut ini uraian mengenai macam-macam pisau yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Chef knife 

Pisau ini memiliki panjang sekitar 8 sampai 10 centimeter, dan merupakan pisau yang paling banyak digunakan. Ukurannya cukup besar untuk memotong daging dan mencincang bumbu. Jenis pisau ini biasanya memiliki pegangan yang nyaman di tangan, sehingga aman ketika digunakan.

Paring knife 

Bilah pisau ini memiliki panjang sekitar 3 sampai 4 centimeter. Relatif pendek, tetapi sangat sempurna untuk mengupas atau memotong buah dan sayuran.

Serrated bread knife 

Dikenal juga sebagai pisau roti, karena fungsi utamanya memang untuk memotong roti. Bagian yang tajam dari pisau ini bergerigi, dengan panjang bilah sekitar 8 sampai 10 centimeter. Biasanya terbuat dari bahan stainless steel, sehingga mudah dibersihkan dan tidak berkarat. Didesain dengan gerigi, dengan tujuan agar hasil potongan roti tidak rusak, terutama untuk roti yang memiliki tekstur lembut.


Tips agar pisau awet dan tahan lama

Pisau merupakan alat dapur yang sangat penting, karena piranti ini digunakan setiap saat, setiap hari. Untuk menjaga agar pisau Anda selalu awet, terawat, dan tahan lama digunakan, berikut tip yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan pisau setiap kali selesai menggunakannya, kemudian bersihkan dengan lap kering, dan simpan di tempat yang kering. Usahakan bilahnya tidak terkena tangan, karena keringat bisa menyebabkan bilah berkarat.
  2. Jika pisau Anda dilengkapi sarung atau bungkus, keluarkanlah pisau dari sarungnya jika lama tidak dipakai, agar tidak lembap. Selain itu, simpanlah di tempat yang kering.
  3. Hindarkan bilah pisau terkena asam pekat, karena bisa membuatnya berkarat.
  4. Jika memungkinkan, asahlah pisau dengan menggunakan mesin pengasah.
  5. Hindari menggunakan pisau untuk menggali tanah. Bila terkena tanah, pisau akan jadi tumpul.
  6. Jangan memakainya untuk menyalakan bara api, karena akan mengakibatkan proses tempiring atau kekerasan bajanya menurun, di samping juga menumpulkan pisau.
  7. Pisau harus digunakan sesuai dengan fungsinya. Pisau daging untuk daging, pisau buah untuk buah, pisau roti untuk roti.