Tips Membuat Kue Cake Rendah Lemak

 Tips Membuat Kue Cake Rendah Lemak

BIBLIOTIKA - Cake memang menggiurkan, sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, kalau Anda termasuk yang mempunyai masalah dengan berat badan, atau pengendalian kolesterol, sebaiknya menahan diri dari godaan cake. Karena, seperti yang Anda tahu, kue yang lembut ini banyak menggunakan krim dan telur. Padahal, bagi yang bermasalah dengan kondisi fisik atau kesehatannya, kedua jenis bahan makanan tersebut perlu dikurangi konsumsinya, bahkan kalau perlu dihindari.

Nah, kalau Anda memang ingin tetap dapat menikmati cake tanpa masalah, Anda cukup mengakalinya dengan mengganti aneka bahan cake yang mengandung lemak dengan bahan yang memiliki kadar lemak rendah. Cara ini tidak akan mengurangi kelezatannya, dan Anda akan tetap bisa menikmati cake kesukaan Anda. Jika tertarik, berikut ini beberapa tipsnya:

Untuk mengurangi lemak dan kolesterol, dua putih telur bisa diganti dengan satu butir telur, baik yang putih ataupun yang kuning.

Sebagai alternatif, mentega bisa diganti dengan anggur, jus buah-buahan, atau kaldu.

Untuk membuat produk yang kental dan tebal, sebaiknya tambahkan kentang yang dihancurkan daripada krim.

Lemak juga bisa dikurangi sebanyak sepertiga bagian dari yang tertera pada resep, dan bisa digantikan dengan cairan lain, seperti jus buah, dalam jumlah sama.

Sebagai pengganti krim asam, gunakan yoghurt yang tidak mengandung lemak. Memang masih bisa ditambahkan krim asam, tapi sebaiknya dalam jumlah sedikit.

Biasanya, bagian atas kue ditaburi gula halus. Namun, kue akan tetap menarik meskipun pemanis itu digantikan dengan kayu manis atau kakao.

Pada waktu pemanggangan, bila menggunakan minyak, Anda bisa menggantinya dengan saus apel.

Selain dengan mentega, roti juga bisa disantap dengan paduan minyak zaitun. Di antara sederetan produk minyak, minyak zaitun adalah yang paling rendah kadar lemaknya, dan tentunya lebih menyehatkan.

Gunakan susu kental yang biasanya dijual dalam kaleng untuk menggantikan krim. Setengah cangkir krim mengandung 400 kalori, dan hampir semuanya lemak. Sedangkan susu kental manis cuma mengandung 100 kalori, dan lemaknya sedikit.


Tips agar kue selalu empuk

Meski kue kering, namun ada jenis-jenis kue tertentu yang akan lebih enak jika dalam keadaan empuk. Hanya saja, kue biasanya akan mengeras setelah disimpan dalam waktu yang lama.

Jika Anda menginginkan kue buatan Anda selalu empuk dan renyah serta tidak mengering meski disimpan lama, simpanlah kue tersebut beserta sepotong roti (misal roti tawar) di dalam toplesnya. Kue tersebut akan menyerap kelembapan dari roti, sehingga tetap empuk meski disimpan selama satu minggu.