Tips Membuat Bolu Lezat untuk Keluarga

  Tips Membuat Bolu Lezat untuk Keluarga

BIBLIOTIKA - Sesekali, mungkin Anda ingin memanjakan keluarga dengan membuat kue bolu sendiri di rumah. Entah dengan menggunakan resep sendiri, ataupun dipandu resep dari majalah. Untuk menghasilkan kue bolu yang lezat dan nikmat untuk keluarga, berikut ini tip yang mungkin dapat membantu Anda:

Pastikan tidak ada telur yang menggumpal ketika dikocok, karena hal itu akan membuat kue tidak mengembang secara sempurna. Untuk menghindari telur menggumpal, kocoklah telur secara perlahan-lahan.

Kalau ingin membuat bolu cokelat, sebaiknya ayaklah cokelat bubuk bersamaan dengan tepung terigu yang digunakan, supaya cokelatnya tersebar lebih merata dan tidak bergumpal-gumpal.

Masukkan pewarna cair yang digunakan saat adukan pertama. Jika dimasukkan pada saat adonan sudah jadi, maka volume bolu tidak akan maksimal.

Pastikan margarin cair dalam keadaan dingin sebelum ditambahkan ke dalam adonan kue. Jika panas, maka tekstur kue yang dihasilkan akan menjadi kasar.

Sebaiknya mentega cair yang akan digunakan untuk kue dalam keadaan cukup cair, namun tidak terlalu panas. Selain itu, ada baiknya menuangkan mentega cair pada bagian pinggir adonan, kemudian aduklah cepat agar tidak banyak udara yang keluar.

Sebelum memasukkan adonan yang akan dibakar atau dipanggang, oven sudah harus dalam keadaan panas. Hal yang sama juga berlaku untuk kue yang dikukus, yaitu air kukusan juga sudah harus dalam kondisi mendidih.

Agar menghasilkan kue yang bagus, pangganglah kue yang tipis dengan suhu oven tinggi, sekitar 200 derajat Celcius. Sedangkan untuk memanggang kue yang tebal, suhu oven harus lebih rendah, sekitar 180 derajat Celcius.

Cara mudah untuk mengetahui apakah kue sudah matang ataukah belum, gunakanlah sepotong lidi yang ditusukkan pada kue. Jika lidi terlihat bersih, berarti kue sudah matang.

Jika kue hendak diberi butter cream, pastikan kue sudah dalam keadaan dingin. Sebaiknya, dinginkan kue paling tidak selama dua jam. Jika tidak, kemungkinan butter cream akan meleleh, dan kue menjadi tidak tahan lama.

Jika ingin menyimpan kue hingga tahan cukup lama, bungkuslah kue dengan alumunium foil, lalu masukkan ke dalam lemari es. Kue Anda akan bertahan selama lima minggu.