Tips dan Cara Memotong Sebelum Memasak

Tips dan Cara Memotong Sebelum Memasak

BIBLIOTIKA - Sesekali Anda mungkin tertarik dengan suatu resep yang Anda baca, dan Anda ingin mempraktekkannya di rumah. Namun, di dalam resep itu terdapat istilah-istilah asing menyangkut cara memotong bahan, yang mungkin masih membuat Anda bingung. Nah, jika Anda keliru memotong dan tidak sesuai resep, bisa jadi hasil masakan dan olahan Anda tidak sebaik dan selezat yang ada di resep.

Berikut ini panduan memahami berbagai istilah dalam hal pemotongan bahan sebelum memasak, yang kemungkinan besar akan sering Anda dapati di resep-resep masakan. Agar tidak salah potong, cermati dulu maksud-maksud istilah berikut ini.

Carve

Ini adalah istilah jenis irisan untuk memotong daging sapi, kambing, atau ayam utuh, dalam potongan besar. Lakukan dengan cermat, agar bisa dihidangkan sesuai porsi makan perorangan.

Chopping

Istilah chopping atau potong dalam resep, berarti Anda bebas memotong jenis bahan makanan yang dimaksud sesuai selera Anda. Meskipun demikian, potongan jenis bahan makanan tersebut harus disesuaikan dengan bahan masakan lain. Misalnya, jika Anda akan memasak tumis kangkung ayam, potongan daging ayam disesuaikan dengan potongan kangkung.

Crushing

Seringnya, istilah ini digunakan pada resep-resep asli Indonesia, yang berarti mememarkan. Untuk mememarkan bahan makanan, tekanlah bahan makanan dengan keras hingga pecah atau memar. Bahan makanan yang dimemarkan biasanya berupa bumbu, seperti bawang putih, jahe, atau serai.

Dicing

Sesuai dengan istilahnya, dicing atau potongan berbentuk kubus, berarti bahan masakan dipotong dengan tinggi tiap sisi sama panjang. Mengenai ukurannya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Escallope

Escallop atau escallope adalah mengiris daging sapi atau ikan tipis-tipis.

Fillet

Dalam istilah kuliner, fillet berarti mengiris tipis untuk daging, daging ayam, atau ikan tanpa tulang.

Julienne

Bahan masakan dipotong dengan betuk korek api, tetapi tidak perlu dibuat sebesar korek api. Yang pasti, bentuknya tetap panjang dan kurus, mirip batang korek api.

Mash

Istilah mash atau melumatkan, dalam kuliner biasanya berlaku untuk bahan masakan yang bisa dilembutkan, misalnya kentang atau ubi jalar. Untuk hal ini, bisa digunakan garpu, sendok, atau alat khusus pelumat kentang.

Medallion

Potongan daging sapi, ikan, ayam, atau hewan lain, yang dibuat menyerupai lempengan bulat. Bentuknya mirip sebuah medali.

Mincing

Mincing atau mencincang, adalah memotong dengan halus, menggunakan pisau khusus. Beberapa jenis bahan masakan yang biasa dicincang adalah daging, bawang bombay, bawang putih, atau seledri. Cara ini juga bisa digunakan untuk resep masakan yang membutuhkan daging giling.

Shredding/slivering

Artinya merajang atau memotong, namun lebih tepat digunakan untuk sayuran. Biasanya sayuran digulung dulu, kemudian diiris sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Slicing

Slicing atau mengiris biasanya diartikan mengiris tipis. Namun tentu saja ketipisan atau ketebalan irisan sifatnya relatif. Irisan tipis bawang, misalnya, berbeda dengan irisan kentang atau mentimun.