Theo Albrecht Jr., Penguasa Jaringan Toko di Jerman dan Eropa

Theo Albrecht Jr., Penguasa Jaringan Toko di Jerman dan Eropa

BIBLIOTIKA - Theo Albrecht Jr. adalah putra Theodor Paul Albrecht, seorang pengusaha Jerman yang memiliki rantai pertokoan di Jerman dan kawasan Eropa, bernama Trader Joe. Ketika sang ayah meninggal pada 24 Juli 2010, perusahaan itu pun diwariskan kepada Theo Albrecht Jr.

Sebenarnya, Theodor Paul Albrecht memiliki dua anak, yaitu Theo Albrecht Jr. dan Berthold Albrecht. Semula, Theo dan Berthold mengelola perusahaan warisan ayahnya, sampai kemudian Berthold meninggal dunia pada 2012. Karenanya, perusahaan pun kemudian dikelola Theo Albrecht Jr. bersama keluarga yang tersisa.

Sejarah kekayaan Theodor Paul Albrecht bisa dilacak hingga tahun 1913, ketika ia mendirikan rantai pertokoan Trader Joe. Pada masa itu, dengan menggunakan konsep “kualitas terbaik, harga terendah”, Theodor Paul Albrecht membuka toko pertamanya di Jerman, dan segera mendapatkan respons positif dari masyarakat. Setelah itu, dia pun mulai membuka cabang demi cabang di Jerman, sampai kemudian rantai pertokoannya memasuki negara-negara lain di Eropa, termasuk Amerika dan Australia.

Semula, Theodor Paul Albrecht menjalani kehidupan yang normal, sampai suatu peristiwa terjadi pada 1971. Dia diculik sekelompok penjahat, yang meminta tebusan sebesar 2 juta dollar. Pihak keluarga memenuhi permintaan itu, dan Theodor Paul Albrecht pun dibebaskan. Sejak itu, kehidupan Theodor Paul Albrecht berubah drastis. Dia tidak lagi merasa bebas keluar rumah, dan ke mana-mana selalu menggunakan mobil berlapis baja dengan sejumlah pengawal. Karenanya, sejak itu pula, dia pun dikenal sangat tertutup.

Theodor Paul Albrecht lahir pada 28 Maret 1922, dan meninggal pada 2010, dalam usia 88 tahun. Seperti yang disebut tadi, dua anak Theodor Paul Albrecht kemudian mewarisi perusahaan dan kekayaannya, yaitu Theo Albrecht Jr. dan Berthold Albrecht. Bisa dibilang, kedua anak tersebut hanya melanjutkan usaha yang telah dirintis dan dibangun ayahnya. Sampai kemudian Berthold Albrecht meninggal pada 2012, dan usaha itu kini hanya dipimpin oleh Theo Albrecht Jr.

Meski keluarga Albrecht juga memiliki saham di perusahaan Trader Joe, namun bisa dibilang Theo Albrecht Jr. menjadi satu-satunya pengelola aktif. Ia diketahui memiliki kekayaan mencapai 19 miliar dollar, dan namanya masuk dalam daftar 100 orang paling kaya di dunia. Ia tinggal di Mülheim an der Ruhr, Jerman.