Super Junior, Boyband Korea Paling Sukses (2)

 Super Junior, Boyband Korea Paling Sukses

BIBLIOTIKA - Pada 22 Februari 2008, Super Junior mengadakan tour besar pertama, dengan tajuk “Super Show”, yang dimulai di Seoul. Tour itu mencakup enam kota di tiga negara berbeda, meliputi Bangkok, Shanghai, dan Beijing. Pada 8-9 Juli 2008, Super Junior mengadakan jumpa fans pertama mereka di Jepang, bertempat di Nippon Budokan di Tokyo.

Acara itu merupakan perayaan atas pembukaan situs resmi mereka di Jepang, yang diluncurkan pada 1 April 2008. Sebanyak 12.000 tiket jumpa fans itu ludes terjual hanya dalam waktu beberapa hari. Pada acara jumpa fans tersebut, Super Junior juga merilis single bertitel U/TWINS, yang merupakan single “U” dalam versi Jepang. Single itu segera menempati peringkat nomor 4 di Oricon Jepang Daily Chart pada hari pertama rilis. Single itu kemudian memecahkan rekor baru sebagai single Korea yang masuk di top 10 Oricon Japan Weekly Chart.

Pada 2 Agustus 2008, Super Junior mengadakan konser di Genting, Malaysia, dan menjadi salah satu tamu di MTV Asia Awards 2008 bersama artis internasional lain, seperti OneRepublic dan Jabbawockeez.

Pada 12 Maret 2009, Super Junior merilis album ketiga, berjudul Sorry Sorry, dan mendapat ulasan positif dari para kritikus. Single Sorry Sorry dirilis secara digital pada 9 Maret 2009. Dalam waktu kurang dari seminggu setelah pre-order diumumkan, album itu telah memperoleh pemesanan lebih dari 150.000 kopi. Sorry Sorry menjadi album pertama Super Junior yang menempati posisi nomor 1 pada Hanteo Charts, dan terjual lebih dari 29.000 kopi pada hari pertama peluncuran.

Pada 13 Maret 2009, lagu Sorry Sorry dan Why I Like You, yang juga ada dalam album tersebut, segera menempati posisi di daftar Music Bank. Dua minggu kemudian, Sorry Sorry menempati peringkat 1 di program tersebut. Dari Maret-Mei, Sorry Sorry telah mengumpulkan 10 penghargaan, dan menjadi album yang sukses secara nasional maupun internasional. Hanya dalam waktu satu bulan, album itu menjadi yang terlaris di Korea Selatan sepanjang 2009.

Sorry Sorry juga meraih kesuksesan di negara-negara Asia lain, dan menjadi satu-satunya group luar negeri yang masuk dalam acara tahunan Taiwan’s Golden Melody Awards. Sorry Sorry menjadi album berbahasa Korea yang terlaris di Taiwan, Thailand, Cina, dan Filipina, serta menjadi album K-pop yang menempati peringkat atas di berbagai chart musik di banyak negara.

Pada 2 Mei 2010, Super Junior mengadakan konser dengan tajuk “Bonamana”, dengan hanya 10 personil. Hal itu terjadi, karena Hangeng memilih bersolo karir, Kibum sedang berkonsentrasi di dunia peran, sementara Kangin mengikuti wajib militer. Dengan 10 personil yang tersisa, Super Junior masih melanjutkan konser ke luar negeri dengan tema “Super Show 3”. Seiring dengan itu, mereka meluncurkan album baru dengan single Mr. Simple.

Pada Juni 2012, SM Entertainment mengumumkan bahwa Kangin akan kembali bergabung dengan Super Junior untuk merilis album keenam, bertajuk Sexy, Free & Single. Album itu dirilis secara online pada 1 Juli 2012, dan CD fisik bisa didapatkan di toko-toko pada 4 Juli 2012. Kemudian, pada 7 Agustus 2012, Super Junior merilis album repackage untuk Sexy, Free & Single, dengan tambahan empat lagu baru berjudul SPY, Outsider, Only U, dan Haru.

Album Sexy, Free & Single berhasil menempati peringkat tertinggi di iTunes di beberapa negara, termasuk Australia, Prancis, Peru, dan Jepang. Album itu juga menempati peringkat 3 di Billboard. Di Korea Gaon Chart, album Sexy, Free & Single menempati peringkat 1 karena terjual sebanyak 335.744 kopi dalam satu bulan. Memasuki waktu dua bulan (Juli-Agustus), album tersebut telah mencapai penjualan sebanyak 459.182 kopi. Pada 22 Agustus 2012, album Sexy, Free & Single dibuat dalam versi Jepang, dan terjual lebih dari 118.902 kopi.

Selain meraih kesuksesan dalam penjualan album, Super Junior juga dinominasikan untuk Best Asian Act di MTV Europe Music Awards, yang sekali lagi menunjukkan popularitas mereka di seluruh dunia. Mereka juga meraih penghargaan “Style Icon Awards”, dan “Best Group Artist Award”.

Pada 30 November 2012, Super Junior menghadiri Mnet Asia Music Awards, dan mereka memenangkan tiga penghargaan, yaitu “Album of the Year”, “Best Global Group”, dan “Best Line Award”. Itu artinya selama dua tahun berturut-turut Super Junior memenangkan “Album of the Year” di acara tersebut.

Pada 15 Januari 2013, Super Junior memenangkan penghargaan “Disk Daesang”, yang juga merupakan kemenangan dua kali berturut-turut bagi Super Junior. Pada Februari 2013, Super Junior mengumumkan tour dunia mereka, bertajuk “The World Tour, Super Show 5” yang dimulai pada Maret 2013, di Seoul, Korea Selatan. Setelah itu, mereka melanjutkan konser ke Cina, Jepang, Amerika Selatan, dan Eropa.