Super Junior, Boyband Korea Paling Sukses (1)

Super Junior, Boyband Korea Paling Sukses

BIBLIOTIKA - Super Junior adalah salah satu group musik paling sukses asal Korea Selatan. Selain memiliki penjualan album dan single yang sangat besar, mereka juga meraih banyak penghargaan, dan penggemar mereka tersebar di berbagai penjuru dunia. Berikut ini adalah tinggak-tonggak penting dalam sejarah karir Super Junior sebagai boyband fenomenal.

Pada 6 November 2005, Super Junior 05 memulai debut mereka dalam program musik SBS Online Songs, dan memperkenalkan single pertama mereka, TWINS (Knock Out). Dua hari kemudian, pada 8 November, single digital mereka dirilis, yang menyuguhkan lagu TWINS (Knock Out), You are the One, dan tiga lagu tambahan. Kemudian, pada 6 Desember 2005, album dalam bentuk CD fisik dirilis.

Album perdana dengan titel SuperJunior05 (TWINS) itu terjual hingga 28.536 kopi di bulan pertama rilis, dan menempati posisi nomor 3 di chart bulanan Desember 2005. Di bulan yang sama, Super Junior 05 merilis lagu Show Me Your Love, yang merupakan kolaborasi dengan TVXQ. Show Me Your Love kemudian menjadi single terlaris sepanjang Desember 2005, dan terjual hingga 49.945 kopi pada bulan tersebut.

Pada Februari 2006, Super Junior 05 mengadakan konser bertajuk “Miracle”, yang merupakan bagian dari promosi album mereka. Miracle menjadi single pertama mereka yang menempati posisi nomor 1 di chart musik online Korea Selatan serta tangga musik Thailand.

Seiring dengan itu, SM Entertaintment—label yang membawahi Super Junior 05—mulai mempersiapkan proyek lanjutan mereka, yaitu membentuk Super Junior 06. Mereka sudah menyiapkan daftar nama anggota yang akan dimasukkan dalam group tersebut, namun proyek itu lalu dibatalkan. Memasuki Mei 2006, rencana proyek tersebut benar-benar ditinggalkan, dan sejak itu kelompok Super Junior 05 berubah nama menjadi Super Junior (tanpa angka 05).

Pada 23 Mei 2006, SM Entertainment menemukan Kyuhyun melalui sebuah kompetisi menyanyi, yang lalu dimasukkan sebagai anggota ke-13 group Super Junior. Seiring masuknya Kyuhyun, Super Junior merilis single “U”, yang disediakan untuk di-download di situs resmi mereka, pada 25 Mei 2006. Dalam waktu 5 jam sejak diumumkan, single “U” telah di-download 400 ribu kali. Dalam perkembangannya kemudian, jumlah download mencapai 1,7 juta kali, hingga mengakibatkan server down.

Pada 6 Juni 2006, single “U” dirilis dalam bentuk fisik, dan terjual lebih dari 81.000 kopi, dan menjadi salah satu lagu paling populer sepanjang tahun di Korea. Lagu tersebut menempati peringkat nomor 1 selama 5 minggu berturut-turut di dua program musik Korea Selatan. Pada akhir tahun, Super Junior mengumpulkan 7 penghargaan, sekaligus meraih gelar “Best New Group of 2006”.

Pada 5 November 2006, Super Junior-KRY lahir. Super Junior-KRY adalah sub-group Super Junior pertama, yang khusus menyanyikan lagu-lagu balada. Super Junior-KRY memulai debut dengan menampilkan lagu The One I Love di program musik KBS Music Bank. Kemudian, pada 23 Februari 2007, sub-group kedua Super Junior, yaitu Super Junior-T, lahir. Kelompok tersebut merilis single pertama bertajuk Rokkugo, yang segera populer.

Mengakhiri tahun 2006, Super Junior merilis album kedua. Namun, karena berbagai halangan yang terjadi, album kedua akhirnya dirilis pada 20 September 2007, dengan titel Don’t Don. Di hari pertama sejak dirilis, penjualan album Don’t Don segera mencapai 11.000 kopi, dan di akhir September sudah terjual sebanyak 60.000 kopi.

Meski para kritikus menganggap album Don’t Don tidak istimewa, namun album tersebut sukses secara komersial. Pada akhir tahun, album Don’t Don telah terjual lebih dari 160.000 kopi. Selain di Korea, Don’t Don juga sukses di Taiwan, bahkan memecahkan rekor sebagai album Korea yang menempati peringkat tertinggi di G-Musik Combo Billboard Chart.

Kesuksesan album Don’t Don membawa Super Junior memperoleh 7 nominasi dalam kategori terpisah pada acara KM Music Festival 2007, yang digelar pada 17 November 2007. Super Junior meraih kemenangan untuk tiga kategori, termasuk “Netizen Choice Award”. Mereka juga mendapat predikat “Best Artist of the Year” (Daesang), yang merupakan penghargaan tertinggi di acara tersebut. Kemudian, pada 14 Desember 2007, Super Junior kembali meraih penghargaan di acara Golden Disk Awards.

Pada 2 Oktober 2007, SM Entertainment mengumumkan kelahiran sub-group Super Junior ketiga, yaitu Super Junior-M, yang ditujukan untuk pasar Cina. Pembentukan sub-group itu sempat menciptakan kontroversi di kalangan penggemar, namun akhirnya Super Junior-M terbukti berhasil. Saat mengadakan konser di Hong Kong, Super Junior-M meraih kesuksesan besar dengan tiket yang terjual habis. Lagu-lagu mereka juga menempati peringkat atas pada berbagai program musik mingguan di Cina.

Sementara sebagian teman mereka aktif di Cina dengan Super Junior-M, sebagian anggota Super Junior yang ada di Korea kemudian dibentuk menjadi sub-group keempat Super Junior dengan nama Super Junior-Happy. Upaya itu dilakukan untuk mengisi kekosongan selama sebagian anggota Super Junior aktif di Cina. Super Junior-Happy merilis single Cooking? Cooking!, dan aktif mengadakan promosi dalam berbagai pertunjukan.

Baca lanjutannya: Super Junior, Boyband Korea Paling Sukses (2)