SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (3)

 SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea

BIBLIOTIKA - Pada minggu pertama setelah rilis, DVD itu terjual 23.000 eksemplar, menempati peringkat keempat di Oricon mingguan DVD, dan menempati posisi ketiga di peringkat DVD musik mingguan. Prestasi itu membuat SNSD menjadi kelompok K-pop wanita pertama yang pernah masuk dalam peringkat Oricon DVD Top-5.

Di tengah kegiatan mereka di Jepang, SNSD juga berpartisipasi dalam “SMTown Live ‘10 World Tour” bersama label-mate mereka pada 21 Agustus di Seoul Jamsil Olympic Stadium. Berikutnya, mereka juga berpartisipasi dalam konser di Shanghai, Los Angeles, Paris, dan Tokyo.

Pada 25 Agustus 2010, SNSD mengadakan showcase pertama mereka di Tokyo Ariake Colliseum. Dengan 10.000 penggemar awal yang diundang, acara itu menjadi pertunjukan besar-besaran untuk artis Korea yang memulai debutnya di Jepang. Karena tingginya jumlah pengunjung yang di luar perkiraan, pihak manajemen SNSD mengumumkan acara akan diadakan tiga kali dalam hari yang sama, demi bisa menampung semua penggemar yang datang.

Single debut Jepang mereka, Genie, menempati posisi kelima pada hari yang sama peluncurannya di Oricon, kemudian naik ke posisi kedua beberapa waktu kemudian. Mereka juga menempati peringkat satu pada grafik video musik Jepang. Dengan jumlah pre-order mencapai 80.000, single Genie terjual hingga 45.000 kopi pada minggu pertama setelah rilis.

Pada 20 Oktober 2010, SNSD merilis single kedua mereka di Jepang, Gee. Seminggu setelah itu, mereka merilis album mini Korea ketiga, bertitel Hoot, pada 27 Oktober 2010, berisi lima track. Video untuk single utama, Hoot, lagu aslinya ditulis dalam bahasa Inggris dengan judul Bulletproof, dirilis pada 28 Oktober 2010. Setelah itu, SNSD memulai kegiatan promosi dengan pertunjukan di KBS Music Bank pada 29 Oktober. Single Hoot segera naik ke puncak tangga lagu, dan menerima tempat nomor satu di banyak acara musik.

Pada 22 Desember 2010, album Hoot dikemas ulang (repackage) dengan lagu tambahan dari album sebelumnya, dan dirilis di Jepang. Rilis album itu segera naik ke posisi kedua di tangga lagu Oricon, dan terjual 21.000 kopi pada hari pertama. Itu merupakan prestasi luar biasa, mengingat bahwa semua lagu yang ada di dalamnya menggunakan bahasa Korea.

Pada 9 Desember 2010, SNSD menghadiri Golden Disk Awards, dan memperoleh tiga penghargaan, termasuk Disk Daesang (Album of the Year) untuk album studio kedua mereka, Oh!. Mereka juga menjadi girlband pertama yang meraih Disk Daesang (2010) dan Digital Daesang (2009). Pada 15 Desember 2010, SNSD menghadiri MelOn Music Awards, dan memenangkan penghargaan Best Dressed Singer serta penghargaan Hot Trend Song untuk Hoot, juga penghargaan Artist of the Year.

Album mini Hoot disertifikasi Gold oleh Record Industry Association of Japan, karena meraih penjualan lebih dari 100.000 kopi. Pada awal 2011, SNSD mempersiapkan sebuah lagu baru berjudul Visual Dreams, sebagai bagian dari promosi untuk prosesor Intel Core generasi kedua di Asia. Video klip untuk Visual Dreams dirilis pada 17 Januari, disertai berbagai macam kampanye promosi termasuk musik baru, video klip 2D dan 3D, situs internet, foto-foto, dan display di toko-toko komputer.

Baca lanjutannya: SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (4)