SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (4)

 SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea

BIBLIOTIKA - Pada 20 Januari 2011, di Seoul Music Awards ke-20, SNSD menerima penghargaan Artist of the Year, Bonsang Prize, Popularity Award, dan Hallyu Award. Hal itu menjadikan SNSD sebagai satu-satunya artis di sejarah musik Korea, selain Seo Taiji, Jo Sungmo, dan H.O.T., yang berhasil memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul Music Awards. Mereka juga menjadi satu-satunya girlband dalam sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul Music Awards dan MelOn Music Awards, selama dua tahun berturut-turut.

SNSD juga menerima gelar “Korea’s No. 1 Power Celebrity” dari majalah Forbes edisi Korea. Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music Wave in Bangkok, di Thailand pada 12 Maret 2011, yang menandai penampilan pertama mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.

Pada 27 April 2011, SNSD merilis single Jepang ketiga, bertajuk Mr. Taxi/Run Devil Run. Sebagian keuntungan dari penjualan single tersebut disumbangkan ke Palang Merah Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011. Pada 31 Mei 2011, mereka menggelar konser keliling Jepang bertajuk “The 1st Japan Arena Tour”. Total ada 14 konser yang diadakan di 6 kota Jepang, yang berlangsung selama 1,5 bulan.

Pada 1 Juni 2011, SNSD merilis album studio Jepang pertama, bertajuk Girls’ Generation. Album ini memuat 12 lagu, termasuk single Genie, Gee, Run Devil Run, Mr. Taxi/Run Devil Run, dan versi Jepang lagu Hoot. Album Girls’ Generation disertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of Japan pada 14 Juni 2011, dan Double Platinum pada 8 Juli 2011. SNSD juga mencetak rekor sebagai artis luar negeri dengan total penjualan album pertama tertinggi di Jepang.

Seiring popularitas mereka yang semakin meningkat, SNSD pun menjadi artis luar negeri berpenghasilan tertinggi di Jepang pada paruh pertama tahun 2011. Album Girls’ Generation terjual lebih dari 629.436 kopi, menjadikannya album asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.

Pada 26 September 2011, SNSD merilis album Korea ketiga, bertajuk The Boys. Video teaser pertama untuk The Boys dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal YouTube milik SM Entertainment. Album itu juga dirilis di Amerika Serikat melalui Universal Music Group dan Interscope Records. Pada 21 Oktober, SNSD membawakan lagu The Boys untuk pertama kalinya di acara KBS Music Bank.

Single utama album tersebut, yaitu The Boys, dirilis dalam dua bahasa, Korea dan Inggris. Lagu tersebut diciptakan dan diaransemen oleh Teddy Riley yang pernah menjadi produser Michael Jackson. Hanya dalam waktu beberapa menit setelah The Boys dirilis, album tersebut langsung merajai berbagai tangga lagu situs musik online maupun offline di Korea. Meski tidak tercatat pada Hot 100, lagu itu berhasil meraih puncak di Top 30 pada grafik iTunes Amerika Serikat, terjual lebih dari 21.000 kopi, dan menjadi salah satu penjualan terbaik lagu K-Pop di Amerika Serikat.

Di Korea Selatan, album tersebut terjual hingga 227.994 kopi dalam waktu dua belas hari, dan menjadi album terlaris sepanjang Oktober. Di akhir 2011, The Boys telah terjual 385.348 kopi, dan menjadi album terlaris di Korea Selatan pada tahun itu.

Pada 21 Oktober 2011, SNSD memulai promosi mereka untuk album ketiga dengan membawakan lagu The Boys dan Mr. Taxi di KBS Music Bank. Kemudian, pada 8 Desember 2011, album itu dirilis secara internasional. Pada April 2012, album itu terjual lebih dari 410.000 kopi di Korea Selatan, menetapkan rekor Gaon Chart untuk album terbaik.

Baca lanjutannya: SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (5)