SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (5)

SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea

BIBLIOTIKA - Pada 11 November 2011, SNSD merilis buku foto resmi pertama mereka di Jepang, berjudul Holiday. Sebagaimana album musik mereka, buku foto Holiday menembus posisi nomor 1 dalam kategori fotografi di chart penjualan buku di Jepang. Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat menikmati liburan, dan terjual lebih dari 17.000 eksemplar hanya dalam waktu satu minggu.

Pada 29 November 2011, SNSD tampil dalam acara MNet Asian Music Award 2011, menampilkan lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu pula, SNSD mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Group dan Artist of the Year. SNSD juga ikut berpartisipasi dalam album kompilasi “2011 Winter SMTown: The Warmest Gift”, dengan lagu berjudul Diamond. Album tersebut dirilis pada 13 Desember 2011. Satu hari setelah itu, pada 14 Desember 2011, mereka merilis DVD berisi dokumentasi tour konser Jepang, dalam format blu-ray.

Pada 28 Desember 2011, SNSD merilis edisi repackaged album Jepang, Girls’ Generation, yang berisi versi Jepang lagu The Boys, dan versi remix lagu The Great Escape, Bad Girl, dan Mr. Taxi, ditambah lagu baru, Time Machine. Album tersebut terjual hingga 1 juta kopi, menempati peringkat lima di chart Oricon Weekly CD Albums, dan menjadi album Korea pertama dalam sejarah yang menempati Top 10 selama tujuh belas minggu di Oricon. (Pemegang rekor sebelumnya adalah soundtrack drama Korea, Winter Sonata, yang menempati Top 10 selama enam belas minggu.)

Pada 12 Januari 2012, SNSD menghadiri Golden Disk Awards, yang digelar di Osaka, dan meraih dua penghargaan, yaitu Digital Bonsang dan Digital Daesang. Seminggu kemudian, pada 19 Januari 2012, mereka menghadiri Seoul Music Awards, dan kembali meraih dua penghargaan, yaitu Bonsang dan Popularity. SNSD juga memenangkan dua penghargaan dari Gaon Chart Awards, memenangkan Album of the Year untuk kuartal keempat, dan meraih penghargaan Hallyu Singer dari Oricon.

Pada 24 Februari 2012, teaser untuk single digital Jepang, Time Machine, dirilis. Lagu itu termasuk dalam versi repackaged album Jepang pertama mereka. Video musiknya dirilis pada 13 Maret 2012, dengan empat belas lagu yang menempati posisi puncak di Billboard Japan’s Hot 100.

Pada Februari 2012, majalah Forbes edisi Korea memasukkan SNSD dalam “Top 40 Power Celebrities”. SNSD menempati peringkat teratas dalam daftar, sehingga membuat mereka menjadi kelompok selebritas perempuan terkuat di Korea Selatan.

Pada 3 Juli 2012, SNSD merilis perangko resmi, memperingati hari ulang tahun mereka. Ada 14 edisi perangko yang diproduksi, dan itu menandai pertama kalinya kelompok selebritas menjalin kontrak dengan dinas pos Korea untuk menghasilkan perangko. Dalam satu jam sejak diterbitkan, lebih dari setengah perangko yang tersedia sudah terjual habis.

Pada 1 Januari 2013, SNSD merilis album studio Korea keempat mereka, dengan titel I Got a Boy. Album itu terjual lebih dari 265.000 kopi selama Januari, menempati peringkat pertama di Gaon Album Chart, juga masuk dalam berbagai chart album Billboard, dan termasuk nomor satu di chart World Album.

Pada 18 September 2013, SNSD merilis single Jepang kedelapan, Galaxy Supernova, bersamaan dengan DVD tour mereka. Single itu menempati posisi nomor 1 pada hari perilisannya di Oricon Daily Single, sedangkan DVD rekaman tour mereka menempati posisi nomor 1 di Oricon Daily DVD. Setelah satu minggu perilisan, Galaxy Supernova terjual 50.793 kopi, sedangkan DVD tour terjual sebanyak 53.256 kopi.

SNSD juga tampil di YouTube Music Awards, karena memenangkan nominasi Best Music Video, dan mengalahkan artis-artis terkenal seperti Miley Cyrus, Psy, Lady Gaga, dan Justin Bieber.

Baca lanjutannya: SNSD, Group Musik Paling Berpengaruh di Korea (6)